5 Langkah Memilih Sabun Pencuci Muka Untuk Wajah Berjerawat

By Astri Soeparyono, Kamis, 17 Maret 2016 | 02:00 WIB
Hati-hati memilih sabun cuci muka, apalagi kalau wajah kita berjerawat. (Astri Soeparyono)

Mencuci muka kesannya gampang, yah? Tinggal basahi wajah, pakai sabun, bilas, lalu keringkan. Tapi buat kita yang punya wajah berjerawat, harus lebih hati-hati, nih, dalam menjaga kebersihan muka. Termasuk, dalam memilih sabun pencuci muka. Simak, 5 langkah memilih sabun pencuci muka untuk wajah berjerawat ini, deh.

(Baca juga:3 Pertanyaan Sebelum Mencoba Mengganti Sabun Cuci Muka)

Lembut dan bebas alkohol

Ketika memilih sabun pencuci muka, pilih yang lembut dan bebas alkohol. Mau menghajar jerawat kok malah memilih yang lembut? Soalnya, pencuci muka yang sifatnya keras dan mengandung alkohol bukannya menghilangkan jerawat, malah bisa membuat kulit kita kering dan mengelupas.

Apa sih hubungan minyak dengan munculnya jerawat? Ketika kulit muka menghasilkan minyak berlebih, debu dan kotoran akan lebih mudah menempel di permukaan kulit. Bercampur dengan keringat dan bakteri, kotoran ini bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat. Makanya penting untuk kita mencari sabun pencuci muka yang oil free alias bebas minyak. Supaya sabun ini membantu kita mengangkat minyak sekaligus mengurangi produksi minyak yang berlebih.

Mengandung salicylic acid

Ketika memilih sabun pencuci muka, baca bagian label belakangnya. Pastikan sabun yang akan kita pilih, mengandung salicylic acid. Fungsi dari salicylic acid ini adalah membersihkan pori-pori yang tersumbat, mengurangi bengkak, dan kemerahan pada jerawat di muka kita.

(Baca juga: Perbedaan Pencuci Muka Bentuk Foam, Gel Facial Wash, Cleansing Balm, Water, dan Oil)