8 Cara Mudah Untuk Bangun Pagi

By Niken Ari, Minggu, 13 Maret 2016 | 01:23 WIB
Tidur 'ileran'... No Way! (Niken Ari)

Buat sebagian orang, bangun pagi enggak jadi masalah karena sudah terbiasa. Tapi, buat sebagian lagi, bangun pagi bisa menjadi sesuatu yang sulit banget. Terutama kalau semalam habis begadang buat nyelesaiin tugas. Berikut ini ada 8 cara mudah untuk bangun pagi yang mungkin bisa membantu kamu supaya enggak selalu kesiangan.

Supaya bisa bangun pagi, kita harus tidur di jam yang tepat. Selain memperhatikan jam tidur, yang harus kita perhatikan juga yaitu asupan makanan sebelum kita tidur. Supaya gampang terlelap di malam hari, ada baiknya kita enggak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein paling enggak 8 jam sebelum tidur. Misalnya kalau kita mau tidur jam 11 malam, kita stop mengonsumsi kafein sejak jam 3 sore.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang terbaik dan enggak kemalaman, ada baiknya kita mengurangi penggunaan gadget. Sebelum tidur kita membutuhkan melatonin supaya bisa tidur dengan nyenyak. Hormon melatonin diproduki secara maksimal dalam keadaan gelap. Sinar terang dari layar gadget menghambat produksi melatonin yang membuat kita sulit tidur dengan cepat.

(Baca juga: 5 Mitos Soal Tidur yang Ternyata Enggak Benar)