6 Tanda Pada Kuku yang Berhubungan Sama Masalah Kesehatan Kita

By Niken Ari, Senin, 21 Maret 2016 | 03:56 WIB
6 Tanda Pada Kuku yang Berhubungan Sama Masalah Kesehatan Kita (Foto: hellogiggle.com) (Niken Ari)

Kalian suka memperhatikan kuku enggak, girls? Kalau enggak, coba deh mulai sekarang mulai memperhatikan kuku kita. Karena ada beberapa tanda di kuku yang ternyata berpengaruh sama kesehatan kita, lho. Berikut ini ada 6 tanda pada kuku yang berhubungan sama masalah kesehatan kita yang wajib kamu tahu.

Kalau ada tanda putih yang cukup jelas di kuku kita, itu mungkin kita kekurangan sel darah merah atau yang disebut dengan anemia. Anemia disebabkan akibat rendahnya tingkat zat besi yang membuat oksigen menjadi enggak memadai dalam darah, sehingga menyebabkan kulit dan jaringan menjadi pucat, terutama jaringan di bawah kuku. Untuk mengatasi hal ini, perbanyak makan telur, bayam dan kacang-kacangan untuk menambah darah kita.

Kalau kulit kita berubah warna menjadi lebih kuning atau kecoklatan dan semakin rapuh, berarti kesehatan kita sedang bermasalah. Ada beberapa masalah kesehatan yang ditandai dengan warna kuku yang seperti ini, yakni infeksi jamur, buruknya sirkulasi darah, atau sedang melemahnya sistem imun kita. Kalau sudah begini, baiknya kita mulai mengonsumsi kembali vitamin supaya sistem imun kita tambah baik.

Kuku yang sehat adalah kuku yang berwarna merah muda. Kalau kuku kita berwarna pucat bisa menjadi salah satu tanda kalau kita terkena gejala diabetes. Diabetes enggak cuma dialami sama orang dewasa doang kok. Kita yang masih muda juga berpotensi terkena diabetes karena pola makan dan pola hidup yang enggak sehat. Cegah diabetes dengan mulai memperhatikan tanda-tanda di kuku kita.

(Baca juga: 6 Cara Mengatasi Kuku Yang Menguning Karena Kuteks)