5 Cara Menjadi Mandiri Saat Kuliah

By Muti Siahaan, Kamis, 24 Maret 2016 | 06:51 WIB
Tepat waktu membuat belajar jadi lebih mudah (Muti Siahaan)

Setelah kita jadi mahasiswa tentu banyak hal yang berubah dalam kehidupan kita. Orang akan memperlakukan dan menuntut kita secara berbeda pula. Kita udah enggak dianggap anak kecil lagi.  Makanya penting banget ketika kuliah kita jadi cewek yang mandiri. Untuk menjadi mandiri  itu enggak susah,kok. Bisa mulai melatihnya sejak sekarang. Ada 5 cara menjadi mandiri saat kuliah nanti.

Cara paling sederhana untuk melatih kemandirian adalah mempunyai kamar yang rapi. Mulai deh dari hal-hal kecil yang ada di kamar kita. Misalnya membereskan tempat tidur setiap pagi, melipat semua baju bersih dan meletakan baju kotor pada tempatnya. Dengan hal-hal kecil seperti itu kita terlatih untuk melakukan hal-hal yang lebih besar lagi.

Dalam sehari kita cuma punya waktu 24 jam, jadi harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Salah satu cara memanfaatkan waktu secara efektif dengan belajar tepat waktu. Dengan tepat waktu kita bisa mengatur sepanjang hari apa saja yang harus kita lakukan tanpa ada yang perlu tertunda gara-gara waktu yang mulur atau enggak jelas.

Selama SMA kita maunya pergi atau melakukan apa-apa bersama teman. Enggak berani sendiri.  Setelah kuliah, enggak bisa kayak gitu lagi. karena ada masanya kita  harus memilih kuliah yang berbeda dengan teman kita. Jalan sendirian mencari bahan kuliah atau bahan survey. Kalau apa-apa menunggu orang lain, kapan bisa maju? Jadi latih diri sejak sekarang untuk melakukan sesuatu sendirian.

Setelah kuliah otomatis uang saku bertambah dan ortu pun enggak serewel saat SMA mengatur uang saku. Tapi  hati-hati ini malah membuat kita jadi boros dan uang pun cepat habis. Latih diri untuk mengatur keuangan. Hitung mana pengeluaran rutin, seperti makan, pulsa, ongkos ke kampus dan uang untuk beberapa tugas penting.  Kalau ada rencana untuk berlibur atau beli barang, sisihkan sedikit setiap minggu atau setiap bulan.

Penting banget bikin jadwal aktivitas sehari-hari. Prioritaskan antara kerja harian, mingguan, bulanan atau satu semestes. Jadwalnya mana saja yang tugas sehari-hari dan enggak boleh terlewatkan. Untuk tugas-tugas kampus yang deadline-nya akhir semester bisa kita bagi menjadi perbulan, agar lebih ringan di akhir semester.