5 Tips Belajar Biologi Menjelang Ujian Dengan Efektif

By Aisha Ria Ginanti, Senin, 4 April 2016 | 11:03 WIB
sumber: smartgirlgroups.com (Aisha Ria Ginanti)

Biologi merupakan pelajaran yang butuh untuk dihafalkan tapi juga butuh banyak pemahaman bahkan kadang menghitung. Nah, untuk bisa menguasai mata pelajaran ini dengan baik, enggak ada salahnya kita coba 5 tips belajar biologi menjelang ujian dengan efektif ini yuk!

Materi di setiap bab pelajaran biologi punya karakteristik masing-masing yang membuat trik atau cara untuk mempelajarinya pun enggak selalu sama. Misalnya bab tentang genetika, paling ampuh dipelajari dengan cara latihan soal karena kita harus menghitung kemungkingan yang terjadi. Atau bab tentang anatomi tubuh, tumbuhan atau hewan, paling baik dipelajari lewat gambar, buat gambar baru agar kita bisa menuliskan kembali nama bagian-bagiannya juga proses yang terjadi di sana.

Untuk bisa memahami seluruh materi secara lengkap, kita tidak bisa belajar dengan meloncat bab, soalnya materi dari bab satu hingga bab terakhir pasti berhubungan, jadi kalau kita enggak paham materi yang dipelajari di Bab 1 maka kita kan sulit untuk paham materi yang ada di Bab 2, 3 dan seterusnya. Misalnya kita akan susah belajar bioteknologi kalau belum paham genetika, biologi sel dan lainnya.