5 Makanan Selain MSG Yang Berdasarakan Penelitian Bahaya Bagi Otak

By Aisha Ria Ginanti, Kamis, 7 April 2016 | 11:07 WIB
sumber: craveonline.com (Aisha Ria Ginanti)

Kita pasti sudah tahu kalau MSG alis micin, memang bahaya bagi otak, tapi selain itu ada beberapa penelitian yang membuktikan kalau ada lima makanan yang sebenarnya sehat tapi bisa jadi berbahaya bagi otak kalau dikonsumsi secara berlebihan. Ini dia 5 makanan selain MSG yang berdasarkan penelitian bahaya bagi otak.

Berdasarkan penelitian di jurnal Demensia and Geriatric Cognitive Disorders, asupan tahun yang tinggi, yaitu lebih dari Sembilan porsi dalam seminggu, bisa meningkatkan penurunan kognitif dan kehilangan memori, alias jadi mudah lupa.

Studi ini menganalisis konsumsi tahu dari 719 pria dan wanita Indonesia, lalu meminta mereka melalui serangkaian tes memori. Mereka yang makan lebih dari 9 porsi tahu dalam seminggu menghadapi penurunan daya ingat lebih besar dari mereka yang enggak makan tahu.

Untuk itu, temuan ini menunjukkan asosiasi dan bukan sebab-akibat. Namun, para peneliti menduga bahwa fitoestrogen yang terkandung pada tahu mungkin bertanggungjawab terhadap penurunan fungsi otak tersebut.