10 Cara Agar Bisa Tidur Cepat di Malam Hari

By Ifnur Hikmah, Selasa, 11 April 2017 | 15:00 WIB
Foto: heftyhannahscloset.wordpress.com (Ifnur Hikmah)

Sudah berbaring lama di tempat tidur, tapi kita enggak merasa mengantuk dan baru bisa tertidur beberapa jam kemudian. Akibatnya, tubuh terasa lemas dan kita kurang bersemangat keesokan harinya karena kurang tidur. Agar itu enggak terjadi, yuk cobain 10 cara agar bisa tidur cepat di malam hari ini.

(Baca juga: 4 Alasan Kurang Tidur Bisa Merusak Tubuh)

Penting untuk menjaga suhu kamar dalam keadaan sedang, alias enggak terlalu dingin dan enggak terlalu panas atau gerah. Suhu terlalu dingin atau panas bisa membuat tubuh jadi kesulitan untuk merasa rileks. Jika terlalu dingin, bisa kita akali dengan memakai selimut. pilihan piama yang sejuk dan adem juga bisa membantu agar tubuh enggak merasa kepanasan.

Yup, cahaya terang bisa membuat kita jadi susah tidur. Keadaan gelap memberikan ilusi pada tubuh kalau kita sudah tidak akan melakukan kegiatan apa-apa lagi sehingga tubuh jadi rileks dan bisa tertidur. Kalau enggak bisa tidur dalam gelap, kita bisa memakai lampu tidur yang enggak terlalu terang. Begitu juga halnya dengan peralatan elektronik. pastikan semuanya dalam keadaan mati sebelum kita beranjak menuju tempat tidur.

Kadang, enggak ada salahnya untuk membakar lilin aromaterapi untuk membantu tubuh jadi rileks dan bisa membuat kita cepat tertidur. Pilih aroma yang menenangkan dan kita suka, misalnya aroma lavendel yang lembut.

Sebelum tidur, kita bisa mandi air hangat terlebih dahulu. Ini bermanfaat untuk menghilangkan otot tubuh yang tegang sehingga kita berada dalam keadaan tenang. dna, bisa segera terlelap, deh.

Kadang kita suka skip makan malam karena takut gendut. Tapi, perut lapar juga bisa membuat kita susah tidur. Sebaiknya, hindari perut lapar ketika sudah memasuki jam tidur. Kita bisa makan malam beberapa jam sebelumnya. Pilih makanan yang kaya akan magnesium seperti bayam dan almon, serta kaya vitamin B komplek seperti yang terdapat dalam kacang-kacangan dan buah-buahan.