Alasan Kenapa Remaja Sering Baper dan 4 Cara Biar Enggak Gampang Baper

By Astri Soeparyono, Selasa, 19 April 2016 | 08:32 WIB
Sering baper? (Astri Soeparyono)

Jangan kebanyakan mikir. Segala dipikirin dan berpikir dengan menggunakan emosi, membuat cewek itu jadi cepat baper. Duh! Kenapa sih, remaja sering baper? Simak apa alasannya kenapa remaja sering baper lengkap dengan 4 cara enggak gampang baper. Yuk, ah, mulai!

(Baca juga: 15 Quotes Instagram Ini Cocok Banget Buat Kita yang Lagi Baper)

Pernah enggak kita merasa kebayang-bayang terus sama cowok yang senyum sama kita atau kesal tanpa alasan gara-gara gebetan kita enggak ngebalas chat kita sejak satu jam yang lalu. Atau yang paling epic; kita udah ngebayangin jadian sama kakak kelas yang tiba-tiba aja menyapa kita saat ketemu di kanti. Kalau jawabannya ya, berarti kita termasuk tipe baper atau sering terbawa perasaan.

Kenapa ya kita bisa baper?  Menurut psikolog  Anak Remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, baper itu lumrah terjadi karena kita masih remaja. Dan pada dasarnya manusia itu memang senang mendapat perhatian dari orang lain.

“Pada umur remaja itu segala tingkah laku dan pikiran masih didominasi oleh emosi. Bagian otak yang mengambil keputusan juga sedang dalam proses perkembangan. Barulah setelah kita berumur 20 tahun berkembang dengan baik. Jadi banyak keputusan-keputusan atau tingkah laku remaja itu kebanyakan bersifat emosional. Baper itu adalah salah satunya.” 

Dan, cewek itu lebih sering baper, lho. Simak deh di halaman selanjutnya.

(Baca juga: 6 Alasan Kenapa Keseringan Menonton Drama Korea Bisa Bikin Baper)