5 Kartini Muda Yang Berkarya Di Bidang Teknologi

By Aisha Ria Ginanti, Kamis, 21 April 2016 | 11:53 WIB
sumber: profilpedia.com (Aisha Ria Ginanti)

Raden Ajeng Kartini wafat pada 17 September 1904. Meski sudah tiada, gagasannya soal emansipasi wanita terus dikenang dan dimaknai hingga sekarang. Jika dulu Kartini memperjuangkan hak pendidikan kaum perempuan, kini kartini-kartini yang lahir setelahnya hadir untuk memperjuangkan kesetaraan di bidang lain, termasuk dunia teknologi. Profesi yang berkaitan dengan teknologi yang biasanya lebih indentin dengan cowok kini mulai digeluti oleh cewek Indonesia. Mulai dari programer, pebisnis e-commerce, hingga gamer. Ini dia 5 Kartini muda yang berkarya di bidang teknologi.

Sejak kecil, Fransiska Hadiwidjana sudah jatuh cinta dengan dunia teknologi. Ia pun mengambil kuliah jurusan Teknik Informatika di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2008 lalu.

"Saya secara spesifik memang ingin membangun startup teknologi," kata dia lugas.

Keinginannya itu direalisasikan dengan membangun e-commerce barang bekas bernama "Prelo". Kenapa barang bekas?

Menurut Fransiska, pasar e-commerce di Indonesia sedang berkembang pesat. Nama-nama besar seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya, sudah memiliki pasarnya masing-masing. Tapi masih ada pasar yang belum tergarap, yakni mereka yang mencari barang bekas asli berkualitas.

Ke depan, Fransiska berharap semakin banyak perempuan yang turut meramaikan industri teknologi Tanah Air. "Perempuan jangan hanya berperan sebagai pengguna pasif, tapi juga sebagai kreator," ujarnya.