7 Hal Mengejutkan yang Bisa Bikin Daya Tahan Tubuh Kita Melemah

By Aisha Ria Ginanti, Sabtu, 18 Maret 2017 | 00:46 WIB
sumber: sistacafe.com (Aisha Ria Ginanti)

Kita tahu bahwa sering mencuci tangan, vaksinasi, cukup tidur, dan makan makanan yang sehat adalah cara yang efektif untuk melindungi diri terhadap virus dan kuman lainnya. Tapi, mungkin enggak sadar bahwa faktor-faktor lain dalam hidup juga bisa mengurangi kemampuan tubuh kita untuk melindungi dirinya sendiri, lho. Ini dia 7 hal mengejutkan yang bisa bikin daya tahan tubuh kita melemah.

Periode stres berkepanjangan yang intens dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, menurut National Cancer Institute. Stres memicu produksi hormon kortisol, yang mengganggu fungsi sel T melawan infeksi, jelas John Spangler, MD, seorang profesor kedokteran keluarga dan masyarakat di Wake Forest Baptist Medical Center di North Carolina.

Merasa kesepian bisa merusak sistem kekebalan tubuh Kita, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroimmunology pada bulan Desember 2014. Penelitian, dilakukan pada tikus, ditemukan bahwa peningkatan kecemasan terkait dengan kesepian menyebabkan tekanan pada sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kerusakan tubuhang disebabkan oleh radikal bebas.

Seiring waktu, terlalu banyak duduk dan menghindari olahraga dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, kata sebuah studi 2012 Januari di American Journal of Preventive Medicine. Tanpa memkitang usia, jenis kelamin, dan kebiasaan berbahaya lainnya seperti merokok dan minum alkohol, gaya hidup enggak aktif dapat menyebabkan peningkatan risiko kematian dini. Gaya hidup enggak aktif dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu, peradangan, dan penyakit kronis lainnya, studi tersebut memperingatkan. Jadwalkan 30 menit olahraga rutin ke dalam rutinitas harian Kita.