Menurut Pengakuan Cowok, Ini Alasan Kenapa Mereka Suka Kesulitan Buat Nembak Cewek

By Ifnur Hikmah, Jumat, 20 Oktober 2017 | 04:50 WIB
Bukan berarti dia PHP, lho! (Ifnur Hikmah)

Udah lama dekat, tapi kok gebetan belum nembak-nembak juga, ya? Jangan-jangan dia PHP! Eits, jangan terlanjur menarik kesimpulan, girls. Terkadang cowok suka kesulitan saat harus mengungkapkan perasaannya. Sebuah penelitian mengungkapkan kalau cowok bisa dengan cepat memutuskan untuk menyukai seseorang. Tapi, mereka butuh waktu lama untuk mengungkapkan perasaan tersebut. Ini alasan kenapa cowok suka kesulitan buat nembak cewek.

(Baca juga: Alasan cowok enggak menunjukkan sikap pengin nembak walau PDKT lama)

Salah satu alasan yang sering dikeluarkan cowok adalah ‘masih belum yakin sama ceweknya’. Mungkin saja saat PDKT gebetan kita terlihat sayang banget sama kita dan menunjukkan tanda-tanda kalau dia pengin ngajak jadian. Namun, bisa saja di dalam hatinya dia masih ragu untuk membawa hubungan kita ke tahap selanjutnya.

“Saat nembak itu pikiran kita serasa campur aduk antara senang dan gugup. Saat nembak, cowok mikir ke depannya nanti. Enggak heran jika cowok suka mirik panjang. Karena di saat nembak, itu kita menjalin komitmen. Kita harus siap dengan apa bakal terjadi di masa depan, bertahan lama atau putus di tengah jalan,” ungkap Abu Hamas, 18 tahun, lulusan SMAN 2 Metro Lampung.

(Baca juga: Jangan Baper Duluan Ketika Cowok Melakukan 5 Kontak Fisik Ini ke Kita)

Meskipun sudah yakin dengan perasaannya, bukan berarti cowok bisa dengan mudahnya langsung nembak. Tetap dibutuhkan persiapan yang panjang. Ian menambahkan kalau sebenarnya cowok itu pengin momen nembak ini jadi saat yang berkesan dan sulit buat dilupakan. Karena itu, mereka enggak mau buru-buru.

“Yang terkadang bikin cowok bingung, nembak itu, kan, sesuatu yang nantinya bakal dikenang. Makanya, cowok suka bingung gimana cara nembak yang sweet. Juga bingung nentuin kapan waktu dan tempat yang tepat, belum lagi mikirin cara nembaknya. Tiap cowok kan pentin ngelakuin hal yang berbeda dari cowok lainnya,” jelas Ian, 18 tahun, lulusan SMA Tarakanita Gading Serpong.

Ternyata, saat akan nembak, cowok diliputi oleh banyak ketakutan-ketakutan. Misalnya, takut ditolak, takut mempermalukan diri sendiri di dpean orang banyak, takut kehilangan teman atau orang yang selama ini membuat dia merasa nyaman. Itulah alasan kenapa cowok suka kesulitan buat nembak cewek.

“Pertimbangan yang bikin aku suka kesulitan saat mau nembak cewek itu takut ditolak, takut malah bikin malu diri aku, takut kehilangan teman baik kalau misalnya aku ditolak dan enggak pede dengan sama diri aku sendiri. Bisa sampai satu bulan buat yakinin diri dan nyiapin semuanya sampai aku benar-benar siap,” jelas Ariel, 17 tahun, SMA Global Prestasi, Bekasi.

(Baca juga: 4 Zodiak yang Sering Banget Menyembunyikan Perasaan Meskipun Lagi Sedih)

Berbeda dengan cowok yang kadang suka butuh waktu lama buat nembak cewek, cewek justru sebaliknya. Kita kadang bisa dengan mudahnya mengungkapkan perasaan ke cowok. Menurut psikolog Roslina Verauli, hal ini terkait dengan sifat alami yang dimiliki cewek, yaitu lebih ekspresif. Jadi, kalaupun kita sudah lama deket dengan gebetan, tapi belum ditembak-tembak juga, enggak selamanya dia berniat main-main. Mungkin saja dia masih mengumpulkan keberanian buat nembak.

“Ketika menyukai seseorang, cewek mudah mengungkapkan perasaannya sebagai bentuk mengekspresikan rasa sayangnya. Sedangkan cowok butuh waktu lama karena mereka umumnya memiliki ego yang tinggi. Mereka benar-benar mempersiapkan diri buat nembak. Ketika nembak tapi ditolak itu rasanya sakit, lho. Makanya, ketika memutuskan untuk menembak cewek, cowok itu selalu sungguh-sungguh,” jelas Vera.