Penelitian Membuktikan Kalau Hati yang Baik Bikin Cewek Jauh Lebih Cantik Dibanding Perawatan Mahal

By Aisha Ria Ginanti, Senin, 16 Mei 2016 | 10:46 WIB
Peneliatian Membuktikan Kalau Hati yang Baik Bikin Cewek Jauh Lebih Cantik Dibanding Perawatan Mahal. Sumber: toplistenz.com (Aisha Ria Ginanti)

Saat ini, di tengah perkembangan teknologi di industri kecantikan, keyakinan bahwa kecantikan berasal dari karakter serta kepribadian, kian hari kian sirna dari peradaban. Ternyata, menurut hasil penelitian, segala perawatan dan krim kecantikan terbaik pun enggak akan membuat kita terlihat lebih cantik kalau hati kita penuh kebencian dan ras iri. Yap, penelitian membuktikan kalau hati yang baik bikin cewek jauh lebih cantik dibandingkan perawatan mahal.

Baca juga: Tebak Kepribadian dari Warna Lipstick Kesukaan

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Personality and Individual Differences, menemukan bahwa seorang cewek terlihat lebih cantik ketika memiliki hati yang tulus dan ramah. Studi tersebut melibatkan 120 mahasiswa, 60 cowok dan 60 cewek. Seluruhnya diminta untuk memberikan nilai dan peringkat dari sejumlah foto cewek.

Baca juga: 5 Alasan Kulit Sawo Matang Enggak Kalah Cantik dari Kulit Putih

Lalu, satu minggu kemudian, seluruh responden kembali diminta menilai foto-foto cewek yang sama, tapi kali ini, peneliti menyertakan keterangan mengenai karakter diri. Hasilnya, foto cewek yang mendapat peringkat tercantik, menjadi turun karena keterangan karakter buruk. Sebaliknya, foto cewek yang penampilan fisiknya dianggap biasa-biasa saja, menjadi meningkat ketika keterangan karakter dituliskan sangat baik.

Peneliti pun menyimpulkan bahwa kecantikan enggak sebatas kulit kita, tapi jauh lebih dalam dari apa yang terlihat oleh mata. (Lusina/kompas.com)

Baca juga:  5 Cara Selalu Tampil Cantik Tanpa Makeup atau Perawatan Mahal