5 Alasan Buat Kuliah di Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Berdasarkan Cerita Alumninya yang Sukses

By Debora Gracia, Rabu, 15 Maret 2017 | 00:27 WIB
5 Alasan Kuliah di Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Berdasarkan Cerita Sukses (Debora Gracia)

Banyak dari kita yang belum tahu kalau ada jurusan kuliah yang belajar tentang ilmu kelautan. Padahal jurusan ini membuka kesempatan yang besar untuk kita ke depannya loh, girls. Berikut ada lima alasan kenapa kita harus mempertimbangkan jurusan dalam bidang ilmu kelautan dan perikanan ini berdasarkan cerita dari orang-orang yang sukses didalamnya.

Enggak perlu takut untuk memilih jurusan ilmu kelautan  dan perikanan karena sektor pekerjaan yang bisa menjadi peluang kerja kita itu banyak banget. Rokhmin Danuri, Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB menjelaskan banyak jenis pekerjaan di bidang kelautan, seperti dikutip dari jurnalmaritim.com,  yaitu perikanan tangkap, perikanan budidaya, industri pengolahan hasil perikanan, industri bioteknologi kelautan, kehutanan pesisir, dan pariwisata bahari.

Jurusan ilmu kelautan dan perikanan belum banyak diminati dibandingkan dengan jurusan-jurusan lain. Hal ini juga bisa jadi pertimbangan kita untuk memilih jurusan ini, girls, karena kuliah di bidang ini membuat kita peduli juga pada alam sekitar. Fransiska, mahasiswi FPIK Unpad, mengatakan alasannya belajar tentang konservasi hutan mangrove karena ia merasa kepedulian terhadap bidang tersebut belum terlalu tinggi.