3 Cara Agar Orang Introvert Enggak Kalah Bersaing Dengan Orang Ekstrovert

By Aisha Ria Ginanti, Jumat, 20 Mei 2016 | 23:45 WIB
Sumber: cupofjo.com (Aisha Ria Ginanti)

Orang yang introvert biasanya dianggap sebagai orang yang enggak akan berhasil. Hal ini disebabkan karena mereka kalah bersaing dengan orang ekstrovert.  Masa sih? Lalu bagaimana si introvert bisa bertahan dan bersaing dengan orang ekstrovert? Susan Cain, penulis buku Quiet: The Power of introvertts In a World That Can't Stop Talking, mengungkapkan 3 agara orang introvert enggak kalah bersaing dengan orang ekstrovert.

"Kunci terbesar sukses berkarier untuk semua jenis kepribadian adalah menemukan peran yang sesuai dengan kebutuhan Anda," ungkap Cain. Menurut Cain, orang introver biasanya akan lebih nyaman memilih posisi yang mengharuskan mereka bekerja mandiri, atau bekerja dalam lingkungan yang tenang.

Salah satu orang introver yang berhasil sukses di dunia kerja adalah Taylor Curley, asisten laboratorium di North Carolina. Ia mengungkapkan, bagi orang introver pekerjaan yang sesuai adalah pekerjaan otak, dan bukan pekerjaan sosial.

"Bagi saya pekerjaan otak lebih baik dibanding pekerjaan sosial karena saya punya masalah kompleks untuk dipecahkan. Dalam pekerjaan, masing-masing orang ditugaskan untuk menyelesaikan masalah yang berbeda-beda. Dari pekerjaan ini, saya bisa mendapatkan waktu untuk diri sendiri, dan pekerjaan berjalan dengan lancar," tukasnya.

Hanya saja, pekerjaan seringkali mengharuskan kamu untuk bekerja dalam satu tim. Jangan menghindari pekerjaan ini, namun tentukan peran yang jelas untuk setiap anggota kelompok. Dengan demikian semua orang bisa ambil bagian dengan maksimal, termasuk si introvert.

Baca juga: 6 Ilustrasi yang Menjelaskan Isi Kepala Orang Introvert