5 Alasan Berdasarkan Hasil Penelitian Kenapa Cowok Susah Minta Maaf

By Aisha Ria Ginanti, Sabtu, 16 Desember 2017 | 13:55 WIB
Sumber: korea-fans.com (Aisha Ria Ginanti)

Menurut penelitian yang dilakukan psikolog di University of Waterloo pada 186 cewek dan cowok, menemukan fakta kalau cowok punya kecenderungan untuk susah minta maaf. Beda dengan cewek yang memang punya rasa bersalah atau sadar merasa salah lebih tinggi. Bahkan cewek lebih mudah tersinggung atau lebih sensitif dari cowok. Nah, ada 5 alasan berdasarkan penelitian kenapa cowok susah minta maaf.

Beberapa penelitian di Univeristy of Waterll di Ontario, Amrik menemukan bahwa cowok bukannya gengsi atau enggak mau minta maaf. Masalahnya adalah anggapan cowok tentang sesuatu yang salah atau menyinggung itu berbeda dengan cowok. Umumnya sesuatu yang menurut cewek itu salah atau menyinggung, enggak dianggap demikian oleh cowok. Makanya cowok jadi terkesan enggak pernah merasa bersalah atau sulit minta maaf.

(Baca juga: Perbedaan Cowok dan Cewek Saat Saat Suka Sama Seseorang)

Cewek punya kecenderung untuk meminta maaf atas apa pun yang dia lakukan. Bahkan cewek suka merasa bersalah saat melihat seseorang lagi kesusahan, meskipun enggak ada hubungannya dengan dia. Sedangkan cowok beranggapan sesuatu yang bodoh kalau dia harus meminta maaf untuk sesuatu yang enggak dia lakukan atau enggak ada hubungannya dengan dia.

(Baca juga: Perbedaan Cowok dan Cewek Saat Saat Suka Sama Seseorang)

Ego mereka sebagai cowok biasanya membuat mereka jadi susah minta maaf. Menurut pakar hubungan cewek dan cowok, Sam Marguelis, Ph. D., salah satu alasan cowok enggan mengakui kalau mereka salah adalah karena hal itu mendorong mereka keluar dari zona nyaman mereka. 

DR. Harriet Lerner, Ph. D., menyebutkan bahwa saat tumbuh dewasa para cowok umumnya dipaksa untuk menjadi dewasa dan cowok banget, dan meminta maaf adalah salah satu tindakan pelanggaran terhadap proses ini. Makanya mereka menganggap bahwa mereka enggak perlu minta maaf. Atau mungkin cowok ini pernah mengalami pengalaman  enggak menyenangkan yang berhubungan dengan meminta maaf, sehingga bikin dia kapok buat meminta maaf.

(Baca juga: Penelitian Ungkap 5 Perbedaan Cowok dan Cewek Saat Galau Patah Hati)

Dia ngasih kita hadiah, cokelat, bunga atau apa pun biar kita enggak marah lagi. Atau dia tiba-tiba ngajak bercanda dan ngirim chat yang super perhatian. Ini sebenarnya adalah tanda-tanda kalau dia merasa bersalah dan pengin meminta maaf, tapi dia kesulitan untuk mengucapkan permintaan maaf itu secara langsung di depan kita.