Penelitian: Cewek Paling Sering Dihina di Twitter, Hingga 6 Kali per Menit

By Aisha Ria Ginanti, Jumat, 27 Mei 2016 | 11:16 WIB
Sumber: follownews.com (Aisha Ria Ginanti)

Hinga kini, cyberbullying masih belum mendapatkan perhatian yang seharusnya. Padahal, menurut statistik dari i-SAFE, Harford County Examiner, dan Cyberbullying Research Center; setidaknya setengah dari remaja pernah mengalami bullying secara online. Dan cewek merupakan korban yang paling banyak. Yap penelitian menunjukan kalau cewek paling sering dihina di Twitter, hingga 6 kali per menit.

Baca juga: 3 Tindakan Cyber Bullying Yang Tanpa Sadar Suka Kita Lakukan

Demos, sebuah wadah pemikir terkemuka di Inggris, mencoba untuk mencari penerangan dari isu ini dengan menganalisa Twitter selama 3 minggu dan mencari kata “slut” dan “whore”, yang berarti pelacur. Yap, dua kata ini adalah kata yang paling banya digunakan di socmed untuk menghina atau mem-bully cewek, selain kata-kata lain yang bersifat body shamming (menghina fisik).

Riset ini adalah kelanjutan dari hasil riset mereka di 2014 yang menemukan bahwa kedua kata tersebut mendominasi bahasa misoginis di Twitter. Lalu, dengan menggunakan alogaritme yang dibuat secara khusus, Demos berhasil memisahkan penggunaan kata “slut” dan “whore” yang agresif dengan tweetyang menggunakan kedua kata tersebut sebagai bagian dari percakapan atau diskusi.

Hasilnya sangatlah mengejutkan. Mereka menemukan bahwa di Inggris saja, 6.500 pengguna Twitter yang menjadi target 10.000 komentar misoginis (perbuatan yang membenci atau menghina cewek) yang agresif. Selain itu, penelitian dalam skala internasional menunjukan adanya 200.000 komentar sejenis yang ditujukan kepada 80.000 dalam 3 minggu yang sama.

Baca juga: Hentikan Bullying. Korban Bullying Bisa Jadi Psikopat