5 Buah-Buahan yang Cocok Dimakan Saat Sahur

By Muti Siahaan, Kamis, 17 Mei 2018 | 20:00 WIB
(heart.co.uk) (Muti Siahaan)

Kalau kita ingin sehat dan tetap berenergi sepanjang hari, kita harus memilih makanan yang tepat saat sahur. Buah-buahan adalah salah satu makanan yang cocok dimakan saat sahur. Selain sehat, buah pun enggak punya banyak kalori. Jadi kita pun bisa menjaga berat badan saat puasa.

Ini dia buah-buahan yang cocok dimakan saat sahur.

Buah semangga rasanya manis dan mengandung air yang banyak. Dengan mengkonsumsi semangka kita akan terhindar dari dehidrasi sepanjang siang hari. Rasanya yang manis pun memberi asupan gula buat tubuh. Ini penting agar kita enggak lemas selama puasa.

Sebaiknya  kita mengkonsumsi semangka jangan hanya satu iris ya. Bisa 2-3 iris. Jangan lupa tetap minum air putih yang banyak.

Pisang

Pisang  bisa menghasilkan energi sama seperti kita makan satu porsi nasi. Bedanya dengan nasi, pisang enggak punya karbohidrat dan lemak sebanyak nasi dan pisang pun lebih sehat. Bila kita seharian beraktivitas  yang banyak dan butuh banyak tenaga, wajib makan pisang saat sahur. Kita dijamin enggak akan lemas.

Kalau badan kita kurang sehat dan seperti mau flu tapi kita tetap ingin puasanya. Buah kiwi bisa jadi pilihan untuk sahur. Kiwi memiliki kadar vitamin yang tinggi. Ini bisa menjaga daya tahan tubuh agar enggak ambruk selama puasa.  Dengan vitamin C yang tinggi, penyakit sariawan yang sering mampir saat puasa pun bisa terhindari.

Tomat

Seperti juga kiwi, tomat memilih kadar vitamin  C yang tinggi. Walau enggak sebanyak kiwi. Dengan mengkonsumsi tomat, daya tahan tubuh akan terjaga. Sariawan pun enggak akan mampir. Tomat  bisa kita makan secara langsung atau dicampurkan dengan menu lain. Misalnya kita bikin omelet dengan isi tomat atau bikin sandwich ditambah irisan tomat.

Buah yang satu ini punya kadar gula yang tinggi. Makan satu atau dua buah kurma akan memberikan kita banyak tenaga  sepanjang hari.Kita enggak akan lemas deh. Tapi kalau kita sudah makan kurma, sebaiknya kurangi makanan yang berkarbohidrat tinggi ya. Soalnya ini akan menyebabkan penumpukan kalori, pastinya akan mudah membuat berat badan naik.