5 Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Malah Bikin Tubuh Makin Lemas Saat Puasa

By Ifnur Hikmah, Sabtu, 4 Juni 2016 | 07:28 WIB
5 Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Malah Bikin Tubuh Makin Lemas Saat Puasa (Ifnur Hikmah)

Tanpa disadari, kita sering melakukan kebiasaan-kebiasaan ini di bulan puasa. Penginnya sih agar kita kuat menjalani puasa. Tapi kenyatannya, hal ini malah membuat tubuh makin lemas. Hati-hati, girls, jangan sampai kita mengalaminya. Berikut 5 kebiasaan yang tanpa disadari malah bikin tubuh tambah lemas.

Untuk yang pengin  tahu, berikut 30 kegiatan yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa

Bangun pagi-pagi buta memang berat untuk dilakukan. Karena itu, kita memilih untuk enggak sahur. Kebiasaan ini bisa bikin tubuh tambah lemas karena tidak ada nutrisi yang masuk ke tubuh,terlebih air. Akibatnya, tubuh jadi lemas dan kita pun susah untuk berkonsentrasi di siang harinya. Karena itu, meski berat, tetap usahakan bangun di saat sahur dan memakan makanan yang kaya nutrisi. Jangan lupa untuk meminum banyak air putih.

Banyak yang memilih untuk tidur lagi setelah sahur. Lumayan, ada waktu satu jam sebelum harus siap-siap berangkat sekolah. Ternyata kebiasaan ini bisa bikin tubuh lemas karena makanan yang kita makan saat sahur belum sepenuhnya dicerna. Selain itu, tidur  sebentar ini bisa bikin kepala pusing. Untuk mengatasinya, kita bisa memajukan jam tidur di malam sebelumnya.

Karena puasa, kita malas ngapa-ngapain dan memutuskan untuk tidur. Terlebih saat weekend, ketika kita enggak sekolag atau enggak ada kerjaan lain. Kita memilih untuk tidur seharian. Akibatnya, bukannya tambah segar, tubuh malah jadi makin lemas.

Kalau enggak tidur, kita memilih untuk malas-malasan di rumah selama puasa. Ini juga sebaiknya dihindarkan. Karena, tubuh yang tetap aktif bergerak membuat sirkulasi darah di tubuh jadi lancar. Dan tubuh jadi segar. Enggak perlu gerakan berat, cukup gerakan ringan seperti membantu mama bersihin rumah, rapi-rapi kamar, beres-beres halaman sudah cukup, kok.

Harapannya, sih, biar tahan puasa seharian. Tapi kenyataannya kebiasaan ini hanya malah bikin tubuh tambah lemas. Kita juga bisa merasa mual akibat makan kekenyangan, terlebih jika setelah sahur kita langsung tidur.

(Foto: heftyhannahcloset.wordpress.com)