5 Aturan Dalam Berteman yang Dianggap Salah tapi Seharusnya Kita Lakukan

By Muti Siahaan, Minggu, 20 Mei 2018 | 03:30 WIB
(seventeen.com) (Muti Siahaan)

Siapa pun butuh teman dan ingin punya teman yang banyak. Saking ingin selalu punya teman kita jadi terjebak dengan beberapa aturan standar dalam pertemanan dan akhirnya membuat diri sendiri tersiksa. Ini dia aturan dalam pertemanan yang dianggap salah tapi seharusnya kita lakukan.

Enggak boleh bersaing

Orang bisa  jadi lebih tangguh dan hebat karena kompetisi. Kita jadi terpacu  melakukan sesuatu lebih dari biasanya.  Misalnya kita ingin ikutan lomba dance. Menjelang hari pertandingan kita berlatih giat, bangun lebih pagi untuk latihan dan bahkan malam hari pun kita tetap latihan.

Semangat seperti ini perlu terus dipupuk,lho. Jangan takut kalau ternyata teman kita juga ingin ikutan lomba. Kita bisa sama-sama latihan dan makin memacu diri lebih baik.

Tapi kita harus tetap bersaing dengan cara sehat dan jangan menusuk dari belakang.  Andai kalah, kita bisa melatih diri untuk kalah secara sporty dan tetap memberi selamat pada teman kita.

Kata mendukung kadang sering disalahartikan dalam persahabatan. Semua orang dituntut mengiyakan apan pun yang teman kita lakukan walau enggak suka atau salah.  Kita harus buat aturan baru nih, kalau teman berbuat salah dan punya sifat buruk, sebagai sahabat kita harus jadi orang pertama yang mengkritik dia.

Jangan sampai dia jadi bahan omongan orang lain,karena sifat buruknya itu. Sebaliknya, kita juga jangan memusuhi teman kalau dia mengkritik atau mengkomentari sifat buruk kita. Itu tandanya dia peduli dan sayang sama kita.

Kemana-mana bersama 

Dalam pertemana sebenarnya kita enggak perlu harus bareng kemana-mana. Kalau seperti ini kapan kita bisa mandiri? Sesekali perlu lho pergi sendirian. Dalam pertemanan penting kita saling memberi waktu untuk diri sendiri.

Kalau teman pengin nongkrong di café tapikita lebih suka di rumah, ya udah enggak apa-apa. Bilang aja. Pertemanan  yang baik adalah saling menghargai keinginan satu sama lain.