6 Tips Anti Boros Saat Berbelanja di Tengah Pesta Diskon

By Ifnur Hikmah, Sabtu, 18 Juni 2016 | 02:15 WIB
6 Tips Anti Boros Saat Berbelanja di Tengah Pesta Diskon (Ifnur Hikmah)

Ketika melihat kata diskon atau sale, yang ada di benak kita adalah bisa belanja sepuasnya karena harga barang yang diincar jauh lebih murah. Terlebih di saat menjelang lebaran atau di akhir musim, ketika hampir semua toko berlomba-lomba memberikan diskon besar-besaran. Bukannya hemat, bisa-bisa kita jadi tambah boros karena enggak bisa menahan nafsu belanja. Berikut 6 cara anti boros saat berbelanja di tengah pesta diskon. Klik di sini untuk tahu cara menahan nafsu belanja.

Dan tinggalkan kartu debit di rumah, sehingga kita hanya belanja sesuai dengan budget yang sudah ditetapkan. Adanya kartu debit membuat kita tergoda untuk menarik uang di ATM untuk terus berbelanja, meski sudah melebihi budget. Kalau kita tahu kita bukan orang yang mudah menahan nafsu belanja atau gampang tergoda barang lucu, maka menghindari ATM dan kartu debit adalah pilihan yang pas.

Akan jadi lebih capek, sih, tapi ini bisa menghindarkan kita dari membeli barang yang mirip. Jadi, keliling mall atau jalan dari toko ke toko terlebih dahulu, lihat semua barang yang ada di sana dan harganya. Sehingga, kita bisa menimbang dan memilih mana yang kita benar-benar mau dan harganya lebih murah.

Kalau belanja bareng teman, ajak teman yang punya tujuan sama dengan kita dan mampu mengingatkan kalau kita sudah melebihi budget. Namun, yang paling penting adalah, berbelanjalah dengan teman yang memiliki budget sama dengan kita, jadi bisa saling mengingatkan, deh. Dan, hindari untuk pergi belanja dengan teman yang budget-nya lebih banyak karena bisa membuat kita tergoda membeli barang lain.