Curhat Gawat: Enggak Betah di Kampus

By Astri Soeparyono, Sabtu, 2 Juli 2016 | 08:10 WIB
Kamu enggak betah di kampus? (Astri Soeparyono)

Sari mengirimkan pertanyaan sulit ini via email untuk dibantu jawab oleh psikolog, Mbak Vera. Katanya dia enggak betah banget di kampus dan bingung harus gimana. Buat kamu yang mengalaminya juga, siapa tahu terbantu dengan jawaban Mba Vera, girls.

Mbak Vera, aku sekarang udah kuliah dan rasanya enggak betah, pengin pindah dari kampusku. Teman-teman di kelas kurang peduli, egois dan suka merendahkan orang yang kurang pintar atau biasa saja. Gara-gara ini, aku menjadi orang yang pendiam dan enggak aktif di kelas, beda dari aku waktu sekolah yang selalu aktif dan dekat dengan guru-guru. Gara-gara sikap aku yang seperti ini sekarang, teman-teman di kampus jadi mengira aku orang yang pendiam. Aku tanya ke teman-teman aku yang lain yang beda jurusan tentang gimana susasana kelas mereka, dan jawabannya sebaliknya dari yang aku rasain. Aku udah bilang ke ortu pengin pindah tapi enggak diizinkan. Aku harus gimana agar bisa betah di kelas? Atau aku harus pindah? Tolong, ya, Mbak Vera. Terima kasih.

Sari/via email

Hello dear, bila kuliahmu masih tahun pertama, pertimbanganmu untuk pindah jurusan atau kampus masih bisa jadi pemikiran. Meski ada risiko membuang waktu satu tahun di perkuliahan dan risiko kamu ingin kembali pindah jurusan lainnya. Tapi pindah ternyata bukanlah jawaban atas masalah-masalah pribadi, dear. Masalah dalam pertemanan maupun dalam belajar butuh diselesaikan dengan cara yang tepat agar kemampuanmu justru berkembang menjadi lebih baik. Setiap fase hidup sebenarnya hanya sebuah latihan agar kamu siap untuk mengatasi masalah lebih besar di kemudian hari dalam perjalanan menuju kesuksesan pribadi. Jadi, kelak kamu akan selalu dihadapkan pada situasi yang ingin kamu hindari namun butuh diselesaikan. Saran Mbak Vera, mari buka mata, hati, telinga untuk lebih peka memahami lingkunganmu saat ini. Jadikan dirimu fleksibel agar belajar memenangkan situasinya. Demikian tantangan untukmukawanku-mag@gramedia-majalah.com dengan subject HELP. Atau bisa juga via SMS ke nomor 08121095999. Cara kirim: WHELP (spasi)/ Nama/ Umur/ Jenis Kelamin/ Tempat Tinggal/ Help/ Isi curhat. Kalau punya masalah jangan dipendam, girls!