Ini Dia Proses di Balik Belanja Online yang Harus Kamu Tahu

By Niken Ari, Selasa, 28 Juni 2016 | 04:00 WIB
Proses Inbound Saat Di Salah Satu Toko Online (Niken Ari)

Sekarang gampang banget deh kalo mau belanja. Enggak perlu kena panas dan macet di jalan karena udah ada toko online yang memudahkan kita memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tinggal klik, bayar dan besoknya barang sampe deh! Sesimpel itu ya Girls.

Tapi pernah ngebayangin enggak gimana sibuk dan repotnya mereka yang bekerja di balik toko online itu? Beberapa waktu lalu, kaWanku dapet kesempatan untuk mengunjungi Warehouse milik BliBli.com di daerah Jakarta Timur. Ini dia proses di balik belanja online yang harus kamu tahu.

Supaya enggak tertipu saat belanja online, kamu harus tahu triknya, klik di sini ya.

Supaya barang yang keluar masuk terkontrol, pihak toko online harus punya sistem pergudangan yang teratur dan rapi. Dalam hal ini dinamakan sistem inbound, yakni sistem pertama barang datang dari vendor ke gudang.

Dalam sistem ini semua barang dicek satu per satu dari segi package-nya untuk memastikan enggak ada yang cacat. Kalo ada yang cacat, barang tersebut akan dikembalikan lagi ke vendornya, Girls

Barang yang lolos pemeriksaan ini selanjutnya diberikan barcode. Tujuan diberikan barcode ini supaya semua barang terintegrasi dengan online database. Sehingga, stock barang, mulai dari jumlah dan jenisnya dapat terdata secara real-time.

Setelah semua barang masuk diberikan barcode, selanjutnya barang akan disimpan di gudang sesuai dengan kategorinya.

Klik di sini untuk tahu kesalahan saat belanja online yang sering kita lakuin.