6 Fakta di Balik Lagu Anak-Anak Berjudul Lelaki Kardus yang Viral di Socmed

By Ifnur Hikmah, Kamis, 30 Juni 2016 | 07:33 WIB
Fakta di Balik Lagu Anak-Anak Berjudul Lelaki Kardus (Ifnur Hikmah)

Ada video yang viral dan ramai dibicarakan di socmed. Video tersebut berisi seorang anak kecil yang menyanyikan lagu berjudul ‘Lelaki Kardus’. Yang bikin heboh adalah karena liriknya yang dianggap terlalu dewasa untuk seorang anak kecil. Berikut 6 fakta di balik lagu anak-anak berjudul Lelaki Kardus yang Viral di Socmed.

Lagu Lelaki Kardus bercerita tentang perselingkuhan orangtua dari sudut pandang sang anak. Penyanyinya, Nova Rizqy Ramadhan, bernyanyi dengan lantang bagaimana ayahnyan yang selingkuh dan meninggalkan dirinya serta ibunya. Juga sang ibu yang jadi korban kekerasan sang ayah. Liriknya dinilai terlalu vulgar untuk dinyanyikan anak-anak karena berisi cacian kepada sang ayah.

Dikutip dari CNNIndonesia.com, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Ismail Cawidu, menyampaikan kalau dirinya sudah menghubungi sang pencipta lagu, Achmad Sawadi. Achmad sendiri dengan kesadaran sendiri akhirnya mau menurunkan video tersebut dari YouTube.

Meski begitu, video tersebut sudah banyak di-share. Karena itu, Kominfo berniat untuk mengirim surat kepada YouTube untuk menghapus video tersebut.

Reza Indragiri Amriel, ketua Bidang Pemenuhan Hak Anak Lembaga Perlindungan Anak, mengecam pihak yang memproduksi dan menyebarluaskan video tersebut. Karena tindakan ini termasuk perlakuan salah terhadap anak. “Menampilkan anak-anak pada tayangan dan nyanyian bertema dewasa dapat disetarakan sebagai bentuk perlakuan salah terhadap anak,” ungkap beliau. Terlebih jika materi tersebut dikomersialisasikan, maka perlu diwaspadai ada unsur eksploitasi anak, tambah Reza, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.