4 Fakta di Balik Fenomena Lagu Anak-Anak Berlirik Dewasa yang Viral di Socmed

By Ifnur Hikmah, Jumat, 1 Juli 2016 | 04:24 WIB
4 Fakta di Balik Fenomena Lagu Anak-Anak Berlirik Dewasa yang Viral di Socmed (Ifnur Hikmah)

Masih heboh dengan lagu anak-anak berlirik dewasa, Lelaki Kardus, ternyata bukan ini aja lagu anak-anak yang akhirnya terkenal setelah viral di socmed. Ada beberapa judul lain dengan lirik yang enggak kalah kontroversial dibanding lagu tersebut, seperti Ye Tu Hantu dan Pak RT Ibu Selingkuh. Lagu-lagu ini dinyanyikan oleh anak-anak dengan lirik dewasa sehingga akhirnya menjadi kontroversi setelah viral di socmed. Padahal sebenarnya lagu ini sudah cukup lama beredar di Madura, tempat lagu tersebut diproduksi. Berikut 4 fakta di balik lagu anak-anak berlirik dewasa yang viral di socmed.

Sebuah artikel lama di okezone.com mengungkapkan keprihatinan seorang budayawan Madura, Hasan Sastra akan banyaknya anak-anak yang menyukai lagu dangdut dewasa. Pudarnya lagu anak-anak membuat anak-anak mencari hiburan lain, salah satunya dengan mendengarkan lagu dangdut dewasa yang populer di lingkungannya, meskipun liriknya sebenarnya enggak pantas buat anak-anak.

Di beberapa tempat, hiburan dari musisi lokal seringkali jadi hiburan masal. Misalnya saja di Madura. As Surur Group, sebuah organ tunggal yang terkenal di Madura dan sekitarnya yang memproduksi lagu tersebut. Dangdut merupakan hiburan masal yang bisa dicerna semua orang, sehingga enggak heran jika lagu ini banyak digemari. Sebenarnya tidak ada salahnya jika anak-anak menyanyikan lagu dangdut. Masalah baru timbul ketika lagu tersebut memiliki muatan dan lirik dewasa yang enggak pantas dinyanyikan anak-anak. Klik di sini untuk melihat fakta di balik lagu Lelaki Kardus.