5 Kebiasaan yang Tanpa Kita Sadari Bikin Jerawat Semakin Parah

By Debora Gracia, Kamis, 27 Juli 2017 | 03:30 WIB
5 Kebiasaan yang Tanpa Kita Sadari Bikin Jerawat Semakin Parah (Debora Gracia)

Kita pasti setuju kalau jerawat lagi muncul bawaannya bete banget. Enggak heran kita langsung mencoba berbagai cara untuk segera menyembuhkannya. Ternyata beberapa kebiasaan yang kita pikir bakalan membuat jerawat cepat sembuh malahan membuat jerawat semakin parah.

Karena penginnya jerawat cepat sembuh, kita menggunakan semua produk pengobatan kecantikan. Apalagi sekarang kita lebih mudah mendapatkan informasi tentang produk yang bisa untuk menghilangkan jerawat dengan mudah. Kita menumpuk satu obat dengan obat lainnya dengan harapan jerawat jadi kempes. Obat perlu diberi waktu paling enggak 2-3 minggu untuk bekerja. Kulit juga butuh ‘bernafas’ dan kalau dipaksakan buat menerima banyak obat, malahan bisa memperparah jerawat. (Baca juga: 7 Pelembap Wajah Murah yang Harganya Enggak Lebih dari 20 Ribu)

Ini kebiasaan yang paling sering kita lakukan, memencet jerawat. Kadang kita sering enggak sadar saat melakukannya. Memencet jerawat akan membuat jerawat bertambah parah dan bisa membuat timbulnya jerawat-jerawat baru. Sekalipun kita berpikir tangan kita bersih, sebenarnya memencet jerawat mampu membuat peradangan pada kulit. (Baca juga: Perbedaan Skincare Face Oil, Face Lotion, Essence, Serum dan Ampoul yang Perlu Kita Tahu)

Pengobatan jerawat secara alami adalah menggunakan bahan-bahan alami, yang umumnya mudah kita dapatkan, seperti mengobati jerawat dengan tomat, madu, lemon, kulit pisang, atau pasta gigi. Yang perlu kita perhatikan adalah setiap bahan tersebut punya reaksi yang berbeda-beda pada setiap kulit. Menggunakan bahan yang salah, malahan mampu membuat jerawat kita bertambah parah. (Baca juga: Sama Seperti Kita, 8 Seleb Korea Ini Juga Pernah Bermasalah dengan Jerawat)

Benar kalau wajah yang bersih akan terhindar dari jerawat, tapi kalau kita terlalu sering mencuci muka, kebiasaan tersebut malah mampu membuat wajah kita kehilangan minyak alami kulit dan akhirnya mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak lagi. Hasilnya, akan mudah timbul jerawat-jerawat baru. (Baca juga: Perbedaan Pencuci Muka Bentuk Foam, Gel Facial Wash, Cleansing Balm, Water, dan Oil)

Rambut yang kotor dan menempel pada kulit wajah mampu menimbulkan jerawat. Selain itu, produk-produk kecantikan rambut seperti toner, cat, atau pelembab rambut juga mampu menimbulkan jerawat. Alasannya karena produk tersebut mengandung bahan kimia yang kalau menempel pada kulit wajah kita bisa menyumbat pori-pori wajah. (Baca juga: 4 Manfaat Baik Cuka Apel untuk Kecantikan yang Perlu Kita Tahu)