Tentang Menikah Muda, Ini Pendapat Cewek Indonesia

By Debora Gracia, Kamis, 2 November 2017 | 10:29 WIB
Tentang Menikah Muda, Ini Pendapat Cewek Indonesia (Debora Gracia)

Cewekbanget.id - Menikah adalah sebuah ikatan antara cowok dan cewek yang berlangsung seumur hidup.

Enggak heran kalau untuk memulai sebuah pernikahan membutuhkan banyak pertimbangan dan persiapan, baik persiapan dari dalam diri sendiri maupun persiapan di luar itu.

Menikah di usia muda juga merupakan keputusan yang sepele, apalagi selagi masih muda sebenarnya masih banyak hal yang bisa dilakukan.

Namun, bila sudah sah secara hukum, apakah hal tersebut juga salah?

Kawanku menanyakan pendapat dari remaja cewek Indonesia yang masih berusia remaja tentang menikah muda, mereka masing-masing punya pendapat yang berbeda:

Sah Saja, Tapi Pikirkan Risiko

Baca Juga: Heboh Wedding Organizer Anjurkan Nikah Muda, KPAI Beri Peringatan Ini!

"Menikah muda menurut aku sah-sah saja, kalau sudah cukup menurut hukum yang berlaku di negara kita. Cuma menurutku akan banyak risiko yang bakal muncul.

Seperti perempuan yang menikah muda, lalu hamil, nah kemungkinan apabila dia mengandung bayi risiko untuk pendarahannya tinggi. Soalnya rahimnya masih muda dan belum terlalu siap.

Mungkin kita pikir kita siap, tapi bagaimana kalau tubuh kita belum siap untuk itu? Nah pengaruh buat negaranya, angka lonjakan penduduk semakin meningkat karena angka kelahiran tinggi.

Selain itu, pertimbangan ekonomi dan finansial, apakah sudah siap? Bukan hanya untuk sebulan, dua bulan kan tapi dalam jangka waktu yang lama. Banyak hal yang harus dipertimbangkan." Renanda-17 tahun

Mental Belum Matang

" Jujur sih, aku sih kurang setuju dengan menikah muda, soalnya dari segi umur belum tentu mental untuk berkeluarganya sudah cukup matang.

Soalnya yang namanya berkeluarga dan membesarkan anak itu kan susah ya apalagi yang namanya pernikahan itu kan artinya 'bersatu dengan pasangan' nah itu berarti kita enggak boleh mentingin diri kita sendiri lagi tapi harus menyesuaikan diri sama pasangan juga.

Lalu, apa sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga? Ya, kalau masih dibiayai oleh orangtua sama saja bohong ya menurutku.

Aku pribadi sih enggak mau menikah muda. Targetku harus selesai S2 dulu, kerja, baru menikah, kalau enggak nanti berat di calon suamiku biayanya, he-he."  Catherine-17 tahun

Enggak Bebas Lagi

"Pendapat aku tentang menikah muda itu enggak punya kebebasan penuh lagi, maksudnya bukan bebas enggak bisa main-main atau gimana ya.

Banyak hal yang bisa termasuk ke dalamnya, contohnya pikirkan ke masa depan, misalkan lagi mencari pekerjaan, mungkin banyak dari beberapa perusahaan yang enggak menerima seseorang yang sudah berstatus menikah.

Memang itu kembali lagi ke dalam diri mereka masing-masing sih mau nikah muda atau enggak, itu kan hak mereka. tapi kalau mereka sudah saling mapan kenapa enggak?

Kebetulan aku punya tante yang menikah di usia 19 tahun dan sekarang sudah 25 tahun. Dia sudah punya dua anak dan menurut dia, kalau bisa ya jangan menikah muda karena seluruh hidup cewek akan berubah ketika menikah.

Dan kalau aku pribadi sih, enggak mau ya.. Masih mau kuliah dulu, mau kerja dulu. Kejar cita-cita dulu lah." Adelia-16 tahun

Enggak Masalah Kalau Sudah Yakin

"Menikah muda kalau bukan karena hal yang enggak diinginkan, misalkan hamil duluan, ya bukan masalah juga. Katanya menikah memang menghindari perbuatan yang buruk kan? Kalau keduanya sudah yakin, buat aku itu baik.

Tapi, yakinnya sudah sampai mana dulu? Yakin kalau menikah itu selalu menyenangkan? Yakin kalau sudah punya anak bakalan bisa sebebas mau kemana-mana? Yakin enggak kalau bisa mencukupi kebutuhannya? Kalau cuma karena rasa sayang sih kayaknya susah, ya. Makanya memang kalau sudah yakin betul, enggak masalah. Semua orang punya keputusannya sendiri-sendiri, kan." Sarah - 17 tahun