5 Fitur Baru Google Maps yang Bikin Hidup Kita Lebih Mudah

By Astri Soeparyono, Rabu, 10 Agustus 2016 | 08:00 WIB
Kita bakal bisa mengatur agar Maps kita offline. (Astri Soeparyono)

Sejumlah eksekutif Google datang ke Jakarta untuk memperkenalkan beberapa fitur baru yang akan dirilis di Indonesia. Salah satu produk Google yaitu Maps, juga mendapat 5 pengembangan baru. Yuk, kenalan sama 5 fitur baru Google Maps yang bikin hidup kita lebih mudah!

Kita bakal bisa mengatur agar Maps kita offline, walaupun internet kita aktif. Maksudnya, kita tetap bisa menggunakan Maps tanpa mengonsumsi data internet kita. Jadi, sebelumnya, kita diminta untuk men-download terlebih dulu peta wilayah yang kita inginkan, sebelum kemudian disimpan di area offline SD Card. Dengan adanya fitur offline ini, kita bisa mengontrol penggunaan data Maps dan menghemat memori internal handphone, karena data enggak di-save ke memori handphone lagi, melainkan ke memori eksternal.

Kita bisa hanya menggunakan koneksi Wi-Fi untuk menggunakan Maps. Jadi, paket data kita enggak berkurang untuk Maps. Dia hanya bisa digunakan kalau ponsel kita terhubung dengan Wi-Fi. Kalau enggak ada, otomatis enggak mengakses Maps.

Buat kita yang biasanya memanfaatkan layanan Grab atau Go-Jek, dengan fitur Transit yang ada di Maps, kita bisa melihat berapa jumlah kendaraan yang paling dekat sama kita. Enggak cuma itu, kita juga bisa melihat perkiraan waktu tiba masing-masing kendaraan itu untuk menjemput kita, hingga estimasi harga perjalanannya. Untuk langsung memesannya, kita hanya perlu memasukkan rute dan memilih layanan yang kita mau, maka Maps akan langsung mengarahkan kita ke aplikasi Grab atau Go-Jeknya untuk langsung memesan. Jadi lebih terencana ‘kan?