Nonton Video Offline dan 3 Fitur Baru Youtube Lainnya untuk Pengguna Indonesia

By Astri Soeparyono, Rabu, 10 Agustus 2016 | 08:34 WIB
Nonton YouTube secara offline. (Astri Soeparyono)

Kita pasti kaget kalau dengar fakta ini, pengguna aktif Youtube di Indonesia meningkat sebesar 130% sejak tahun lalu. Dan jumlah video yang diupload ke Youtube dari Indonesia terus naik hingga sebesar 600%. Bahkan, sekarang ini, sudah ada 106 kreator video Youtube dari Indonesia yang termasuk Silver Button (sebutan buat youtuber yang udah dapetin lebih dari 100 ribu subcriber). Jadi, enggak heran kalau Google, lewat produk YouTube-nya, ngembangin 4 fitur yang spesial dibuat untuk pengguna Indonesia. Apa aja?

Kalau kita suka kesel pas nonton video Youtube yang buffering-nya suka lama banget, Youtube nawarin solusinya nih lewat Youtube Offline. Fitur ini adalah hasil kerja sama Youtube dengan content partnernya, dan memungkinkan kita untuk nge-save video yang mau kita tonton selama 48 jam. Setelah di-save, kita bisa nonton video itu secara offline. Fitur ini sederhana dan enggak ribet kok, karena dirancang langsung dari dalam aplikasi Youtube-nya sendiri. Untuk sekarang, Youtube sedang merangkul content-content partner yang ada di Indonesia untuk menyukseskan fitur ini, supaya semua video lokal bisa kita nikmati secara offline. Wah, kita tunggu ya!

Ini adalah fitur yang khusus dibuat untuk para video kreator Youtube. Dengan fitur ini, para youtuber akan mendapat sarana pengembangan dan program dari Youtube yang akan mengarahkan para youtuber cara menjadi video kreator sukses. Selain itu, Youtube akan membantu para video kreator yang ingin me-monetize (menghasilkan keuntungan dari akun Youtube) video-video mereka maupun yang ingin terhubung dengan komunitas-komunitas video kreator dari seluruh dunia. Kabar bagusnya lagi, Creator Hub sudah tersedia dalam 23 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia!