Browsing Memakai Suara dan 4 Fitur Terbaru Lainnya dari Google Search

By Astri Soeparyono, Rabu, 10 Agustus 2016 | 08:51 WIB
Browsing mengandalkan suara, dalam bahasa Indonesia. (Astri Soeparyono)

Pada acara ‘Google for Indonesia’ di Jakarta, Selasa (9/8), Tamar Yehoshua dari Product Management Google Search bilang kalau Google Search mengalami perkembangan khusus untuk Indonesia. Perkembangan itu dibuat dalam bentuk fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan kita. Langsung intip yuk gimana caranya browsing memakai suara dan apa sih 4 fitur terbaru lainnya dari Google Search.

Dari data Google, Indonesia nyatanya berada di peringkat 5 besar sebagai negara dengan jumlah pengguna aktif voice search terbanyak lho. Menghadapi fakta itu, Google pun menghadirkan teknologi machine learning. Teknologi ini dilengkapi voice recognition yang bakal bikin voice search bisa mengerti bahasa Indonesia yang kita ucapkan. Enggak hanya berfungsi sebagai pencarian via suara, kita juga dimungkinkan untuk bercakap-cakap dengan voice search itu. Misal kita nanya ke voice searchnya, “Siapa itu Dian Sastro?”, setelahnya kita bisa langsung nanya lagi, “Kapan dia ulang tahun?” (kita enggak perlu mengulang nama Dian Sastro lagi, karena voice search sudah memahami ‘dia’-nya merujuk ke siapa). Keren, ya?

Fitur yang akan segera diluncurkan di Indonesia ini memungkinkan loading situs yang kita pilih menjadi 5x lebih cepat dan hemat data hingga 90%. Jadi, hasil penelusuran yang kita cari di Google akan lebih cepat muncul di layar dengan format yang lebih hemat data, walaupun koneksi internet kita sedang tidak stabil.