89% Cewek Enggak Bahagia Dengan Berat Badan Mereka, Perlukah?

By Aisha Ria Ginanti, Selasa, 17 April 2018 | 13:30 WIB
89% Cewek Enggak Bahagia Dengan Berat Badan Mereka, Perlukah? (Aisha Ria Ginanti)

Umumnya, cewek hobi sekali membandingkan tubuh sendiri dengan ceweka lain. Akhirnya, timbul rasa enggak puas dan frustrasi karena merasa enggak cantik. Akhinya jadi enggak PD dan punya citra diri yang negatif dan ujungnya melakukan body shaming pada diri sendiri. Selanjutnya yang ada adalah rasa stres atau bahkan depresi. Seperti ahsil survey situs majalah Glamour yang menghasilkan bahwa 89% cewek enggak bahagia dengan berat badan mereka.

Kemudian, sebanyak 39 persen mengaku bahwa mereka merasa gelisah ketika berat badan terus bergerak ke arah kanan (bertambah). Hal ini dikarenakan kita sebagai cewek umumnya punya stigama yang sempit tentang berat badan dan bentuk tubuh yang selanjutnya membentuk pola pikir kita jadi punya citra diri negatif. Tapi perlukah kayak gitu? Jawaban lebih lanjutnya baca deh di artikel di bawah ini:

Kenapa Sih, Cewek Harus Kurus?

 Menghilangkan citra diri negatif

Hal yang demikian sangat disayangkan. Pasalnya, memiliki citra diri positif bisa membuat diri menjadi lebih bahagia dan bersyukur dengan kehidupan. Pakar menyatakan bahwa seseorang yang puas dengan penampilan dirinya, memiliki energi positif yang menular pada lingkungan sekitarnya.

Ada beberapa cara untuk mengembangkan dan membangun citra diri positif, yakni memperdengarkan motivasi kebahagiaan pada diri sendiri. Kita bisa melakukannya dengan berdiri di depan cermin sembari tersenyum dan berkata bahwa Kita mensyukuri anugerah kecantikan serta kesehatan yang diberikan oleh Tuhan.

Selain itu, kita bisa memulai gaya hidup sehat dengan hal-hal sederhana, yakni tidur lebih cepat, banyak mengonsumsi air putih, dan banyak makan buah. Kemudian, kita bisa meningkatkan ritual sehat dengan lebih rajin olahraga atau meditasi untuk menciptakan suasana damai dalam pikiran. Terakhir, hindarilah berteman dan terlalu dekat dengan orang-orang yang negatif. (kompas.com)

Baca juga: 12 Quotes Inspiratif Body Image Dari Seleb Cewek Keren