Ini Alasan Kita Bisa Terbangun Tiba-Tiba Saat Tidur, Berdasarkan Penelitian

By Debora Gracia, Senin, 22 Agustus 2016 | 04:50 WIB
Ini Alasan Kita Bisa Terbangun Tiba-Tiba Saat Tidur, Berdasarkan Penelitian (Debora Gracia)

Girls, apakah kita termasuk orang yang suka terbangun saat tidur di malam hari dalam waktu yang sama hampir setiap hari?

Ternyata, dibalik kebiasaan kita yang terbangun di malam hari, ada alasan yang mendukung. Penelitian mengatakan ketika kita tidur di malam hari, energi dari tubuh kita disalurkan ke seluruh organ tubuh dalam waktu yang berbeda. Jika kita terbangun tiba-tiba, hal ini karena sebagian energi kita enggak tersalurkan dengan baik sehingga kita secara otomatis terbangun. Energi yang enggak tersalurkan tersebut bisa disebabkan oleh kondisi psikologis.

Ada beberapa penjelasan ilmiah menurut jam terbangunnya kita saat tidur yang berhubungan juga dengan kondisi psikologis kita, menurut YourTango:

Ini adalah waktu paling sering seseorang terbangun tiba-tiba dari tidurnya. Sistem endokrin dalam tubuh kita yang berfungsi untuk metabolisme tubuh lagi berusaha diseimbangkan pada jam-jam segini. Biasanya kita terbangun karena kita terlalu memikirkan jadwal atau kegiatan yang akan kita lakukan keesokan harinya. Misalnya, besok ada ujian Matematika dan kita kepikiran banget sampai akhirnya terbangun di malam hari. Selain itu, telat makan atau makan terlalu sedikit porsinya bisa menyebabkan kita terbangun pada pukul 21:00 - 23:00.

Pengin tidur lebih nyenyak? Baca disini: 5 Langkah Supaya Tidur Lebih Nyenyak