4 Hal yang Harus Kita Lakukan Ketika Sahabat Diselingkuhin

By Debora Gracia, Rabu, 1 November 2017 | 13:30 WIB
Tetap ada buat dia, ya, girls. (Debora Gracia)

Anggaplah contoh kejadian seperti ini: sahabat dan pacarnya adalah dua orang yang kita kenal jadi pasangan yang kompak banget. Kita juga menganggap mereka sebagai relationship goal dan bisa bikin iri orang lain. Tiba-tiba, sahabat telepon kita tengah malam dan cerita kalau dia putus dengan cowoknya. Alasan yang dia ungkapkan adalah cowoknya selingkuh dengan cewek lain.

Sahabat nangis tanpa henti, bikin kita juga ikutan sedih. Sebagai orang yang dekat dengannya, apa yang harus kita lakukan untuk bisa menghibur sahabat? Lakukan 4 hal ini ketika sahabat diselingkuhin pacarnya.

Meskipun kita tahu sahabat enggak akan bohong sama kita, ada baiknya kita mencari tahu kebenaran tentang hubungan dia dan pacarnya yang sedang berjalan enggak baik. Siapa tahu ternyata ada kesalahpahaman antara sahabat dan pacarnya. Cara untuk mencaritahunya bisa lewat teman-teman terdekat pacarnya atau bertanya langsung ke pacarnya sendiri. Pastikan kita bertanya dengan baik-baik bukan langsung memarahi pacar sahabat itu selingkuh.

(Baca juga: Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Kita dan Sahabat Sering Sepikiran)

Ternyata pacar sahabat terbukti selingkuh, lalu yang kita lakukan bukan semakin memanasi keadaan dengan menjelek-jelekkan cowok tersebut di depan sahabat. Atau malahan menghakimi mereka berdua. Kita tetap pihak diluar keduanya yang tetap punya batasan. Sebagai sahabat, kita tetap memposisikan diri sebagai pihak yang netral bukannya berpihak meskipun kita kesel banget dengan pacar sahabat.

(Baca juga: Ini Dia Tanda Pacar Kita Selingkuh dengan Cewek Lain)

Terkadang, sahabat hanya membutuhkan tempat untuk bisa mencurahkan isi hatinya maka kitalah yang bisa jadi pendengar untuknya. Kalau dia enggak membutuhkan saran dari kita, cukup dengan meluangkan waktu untuk mendengarkan ceritanya. Tapi kalau dia meminta saran dari kita, beri ucapan yang positif sehingga dia merasa lebih kuat. Bukan dengan tanggapan negatif dan galau, yang bisa bikin dia jadi tambah nge-down.

Perasaan enggak dihargai dan takut untuk memulai hubungan baru pasti jadi kegalauan sahabat. Hal yang bisa kita lakukan adalah meyakinkan sahabat kalau masih banyak orang-orang yang sayang sama dia, termasuk kita. Yakinkan juga kalau sahabat adalah cewek yang kuat dan bisa melewati masa-masa tersulit sekalipun. Cowok yang baik untuk cewek yang baik, sesederhana itu. Makanya, sahabat yang diselingkuhi cowoknya pasti lebih baik putus daripada bertahan dengan cowok yang enggak setia.