SMKN 13 Bandung: Bentuk Karakter Positif Lewat Soft Skill

By Astri Soeparyono, Kamis, 29 September 2016 | 05:25 WIB
SMKN 13 Bandung: Bentuk Karakter Positif Lewat Soft Skill (Astri Soeparyono)

Enggak hanya mengejar prestasi akademik, teman-teman kita di SMKN 13 Bandung diajak untuk jadi remaja berkarakter positif yang kuat lewat beberapa kegiatan soft skill. Apa aja, sih?

Setiap hari sebelum pelaksanaan jam pertama, seluruh siswa membaca Asmaul Husna. Ada kegiatan Jabar menghapal Al-Qur’an setiap hari Kamis yang diikuti oleh seluruh siswa. Ada juga Tablig Akbar untuk memperingati hari-hari besar agama Islam, serta pengajian rutin bulanan yang mengundang penceramah dari luar sekolah.

Seperti Selasa (13/9) lalu, untuk memperingati Idul Adha, pelaksanaan Tablig Akbar dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban sebagai salah satu proses pembelajaran kepada siswa untuk berkurban.

Qurban tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebelumnya untuk pembelajaran berkurban, para siswa mengumpulkan sumbangn sehingga khusus dari OSIS ada beberapa ekor kambing yang disembelih. Tahun ini, sekolah menyumbangkan satu ekor sapi dan satu ekor  kambing yang dihadiahkan kepada tiga orang guru empat orang karyawan dan satu orang siswa.

Karena upaya yang seimbang baik di bidang akademik ataupun soft skill, ada begitu banyak prestasi yang SMKN 13 Bandung raih tahun ini. Seperti juara dua Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar MPR RI antar SMA/SMK se-Jawa Barat, juara satu Karya Tulis Ilmiah Populer  Nasional di IPB sehigga siswa bisa masuk tanpa tes ke IPB, juara dua Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan (LCTIP) Nasional, dan banyak lagi yang lainnya. Prestasi ini diraih oleh para siswa yang terbagi menjadi tiga kompetensi keahlian, yaitu Analisis Kimia, Teknik Komputer Jaringan/ TKJ, dan Rekayasa Perangkat Lunak / RPL. Wih, canggih, yah!