5 Makanan yang Enggak Baik Kita Konsumsi Sebelum Tidur

By Uswatun Khasanah, Sabtu, 31 Maret 2018 | 13:30 WIB
4 Makanan yang Harus Dihindari Karena Akan Bikin Kita Susah Tidur (Uswatun Khasanah)

Kadang kita merasa lelah mesti sudah tidur cukup lama, atau merasa kalau tidur kita enggak bikin kita segar semangat di pagi hari? Hmm, penyebabnya mungkin karena kualitas tidur kita kurang terjaga, girls. Ternyata, apa yyang kita makan sebelum tidur memiliki pengaruh besar terhadap kualitas tidur kita, lho.

Di antara makanan yang kita pikir bergizi dan mengenyangkan, ternyata ada beberapa yang berpengaruh enggak baik terhadap waktu istirahat kita. Hmm mau tahu apa saja 5 makanan yang enggak baik kita konsumsi sebelum tidur.

Makanan cepat saji memang enggak baik bagi kesehatan, termasuk bagi tidur kita. Bacon memiliki kandungan lemak yang dapat menstimulasi produksi asam lambung dan dapat menyebabkan heartburn atau rasa nyeri ketika asam lambung naik.

Alkohol adalah salah satu hal yang dapat meningkatkan produksi urin, jadi kalau kita mengkonsumsi alkohol sebelum tidur, kita jadi akan mudah terbangun karena ingin ke kamar mandi. Selain itu, mengkonsumsi alkohol juga bisa bikin kita mendengkur dengan keras.

Coklat, terutama dark chocolate, mengandung kafein dan theobromine. Kandungan tersebut dapat menstimulasi sistem saraf, meningkatkan detak jantung, dan meningkatkan kemungkinan kita mengalami insomnia.

Banyaknya kandungan protein dalam ayam akan memperlambat proses pencernaan makanan dalam tubuh kita sebanyak 50%. Hal ini membuat tubuh kita yang harusnya beristirahat saat kita tidur, malah terpaksa bekerja karena proses pencernaannya belum selesai.

Jangan pernah menambahkan rempah rempah yang pedas dan bersifat panas ke dalam makanan yang kita konsumsi sebelum tidur. Seperti bacon, rempah rempah ini dapat menyebabkan heartburn yang membuat tidur kita jadi enggak nyaman.

(sumber: brightside)