6 Rahasia yang Bikin Diet Sukses Tanpa Harus Tersiksa Kelaparan atau Olahraga Keras

By Sintia Astarina, Minggu, 29 April 2018 | 10:00 WIB
sumber: inpulsecpr.com (Sintia Astarina)

Dr. Roger Gould, salah satu pakar emotional eating, meyakinkan kalau emosi kita mempengaruhi penurunan berat badan kita. Makanya, penting banget nih untuk mengetahui 6 rahasia yang bikin diet sukses tanpa harus tersiksa kelaparan atau olahraga keras.

Harus konsisten

Emang enggak mudah untuk menjalankan diet yang mana kita hanya boleh mengonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran. Pasti rasanya tertekan banget, deh. Nah, coba deh untuk menjalani diet ini pelan-pelan. Enggak perlu buru-buru melakukan perubahan drastis, karena tubuh dan emosi kita juga butuh untuk beradaptasi.

Pantau terus progres kita

Percaya enggak percaya, memantau progres diet itu penting supaya kita bisa mendapat gambaran jelas kita udah turun berapa kilo. Biasanya, kita harus menunggu hingga beberapa bulan sampai kita bisa menemukan perubahan terlihat di diri kita. Jadi, supaya kita enggak kehilangan motivasi, kita bisa memantau terus perubahan tubuh kita.

Lakukan aktivitas fisik atau olahraga

Diet sehat memang membantu kita untuk menurunkan berat badan, tapi alangkah lebih baik kalau kita bisa mengimbanginya dengan latihan fisik. Mudah kok, misalkan membereskan tempat tidur atau berjalan kaki.

Cari dukungan dari teman dan keluarga

Kita enggak bisa melakukan diet ini sendirian. Kita butuh orang-orang yang bisa mendukung kita untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat. Misal, minta mereka untuk mengingatkan kita supaya rajin berolahraga atau berhati-hati saat makan makanan yang kalorinya tinggi.

Ketahui tipe metabolisme tubuh kita

Kalau kita merasa kita udah melakukan segala-galanya untuk menurunkan berat badan, tapi enggak kelihatan hasil yang berarti, itu wajar kok. Sebelum menyerah, pelajari dulu bagaimana metabolisme tubuh kita. Kalau metabolisme tubuh kita lambat, kita harus bersabar, girls. Pasti nanti hasilnya juga keliatan, kok.

Setiap diet butuh pengawasan

Pas kita lagi diet, enggak ada salahnya untuk menghubungi ahli gizi untuk meminta saran dan pengawasan mereka. Soalnya, terkadang apa yang kita makan itu enggk memiliki nutrisi yang cukup bagi tubuh. Kalau diet kita asal malahan akan berdampak buruk bagi fisik dan mental kita.