7 Manfaat Sehat Mendengarkan Musik Untuk Tubuh yang Enggak Banyak Kita Ketahui

By Aisha Ria Ginanti, Sabtu, 21 April 2018 | 15:00 WIB
sumber: pnimg.com (Aisha Ria Ginanti)

Sepertinya, musik sudah enggak bisa dipisahkan lagi dari hidup kita, ya girls. Maksudnya walau pun enggak main musik, pasti setiap hari kita mendengarkan musik deh. Baik itu buat bikin mood jadi lebih baik atau memang pengin aja mendengarkan lagu penyanyi idola.

Nah, ternyata mendengarkan musik itu bukan cuma sekedar hobi aja, lho, tapi banyak manfaat baiknya untuk kesehatan tubuh. Ini dia 7 manfaat sehat mendengarkan musik untuk tubuh yang enggak banyak kita ketahui.

Baca juga: 10 Lagu Cover Bahasa Inggris dari Seleb Kpop Paling Keren yang Perlu Banget Kita Dengar

Meredakan kecemasan

Motivator selama olahraga

Musik bersemangat merupakan kunci saat angkat beban. Riset membuktikan musik dapat mendongkrak semangat saat olahraga. Musik juga membuat kita lari lebih kencang dan lebih kuat.

Studi dari 2008 menemukan mendengarkan musik klasik membantu meringankan gejala insomnia pada mahasiswa. Riset lain juga menemukan musik dapat membuat kita berada dalam keadaan meditatif.

Mendapatkan proyek besar? Dengarkan musik saat bekerja. Riset membuktikan musik latar dapat meningkatkan performa kognitif pada tugas seperti ujian akademis. Riset juga menemukan musik bersemangat dapat membantu kita bekerja dengan baik meskipun di bawah tekanan.

Ada alasan mengapa lagu-lagu dari boyban ata seleb idola kita lainnya enggak pernah hilang dari hati kita. Musik adalah cara untuk nostalgia yang cepat. Para ahli percaya otak kita tetap dekat dengan musik dari masa muda karena kita mendengarkannya ketika masih membangun diri sendiri, koneksi sosial dan dunia di sekitar. Dengan cara sendiri, musik memberi informasi identitas diri kita. (kompas.com)

Baca juga: 7 Lagu Galau Soundtrack Drama Korea Oktober 2016 yang Dijamin Bikin Baper