3 Tipe Kulit Muka yang Wajib Kita Tahu Sebelum Memilih Produk Perawatan Muka atau Makeup

By Aisha Ria Ginanti, Minggu, 15 April 2018 | 11:45 WIB
3 Tipe Kulit Muka yang Wajib Kita Tahu Sebelum Memilih Produk Perawatan Muka atau Makeup (Aisha Ria Ginanti)

Merawat kulit wajah tentunya sangat penting bagi setiap cewek. Oleh karena itu, seorang spesialis kulit dan kelamin menjelaskan bahwa sebelum melakukan perawatan pada kulit, kitaharus mengenali tipe kulit terlebih dahulu. Kenapa? Tentunya agar kita enggak salah memilih produk perawatan kulit atau makeup yang akan kita gunakan.

Soalnya kalau kita salah pilih dan ternyata produk tersebut enggak cocok dengan jenis kulit kita, bisa-bisa yang terjadi adalah kulita kita malah jadi berjerawat atau bahkan iritasi.

“Yang paling tahu jenis kulit kita adalah diri kita sendiri,” ujar Dr Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV,. Dia lalu menjelaskan, ada beberapa tipe kulit, di antaranya kulit normal, berminyak, kering, sensitif, dan kombinasi. Untuk itu, simak yuk, 3 tipe kulit muka yang wajib kita tahu sebelum memilih produk perawatan muka atau makeup.

Baca juga: 9 Fungsi Kulit yang Remaja Cewek Wajib Tahu

Kulit normal adalah kulit dengan kelembaban yang baik. Ciri-ciri kulit normal yaitu memiliki pori-pori yang kecil dan tekstur dari kulit yang halus dan lembut. Selain itu, kulit normal cenderung jarang memiliki masalah sehingga enggak sensitif.

Sementara itu, kulit kering biasa terlihat kasar dan belang. Tipe kulit ini juga sering menunjukkan tanda-tanda kulit penuaan dini. Lalu, tipe kulit ini juga terasa lebih ketat yang membuat fungsi regenerasi menjadi terganggu. Biasanya langsung terlhat bahwa kulitnya kering, gampang pecah-pecah atau terkelupas.

Baca juga: 3 Hal Penting yang Harus Dilakukan untuk Perawatan Wajah Kita Sehari-hari

Ketiga, kulit kombinasi adalah campuran dari jenis kulit yang berbeda. Seperti halnya pori-pori melebar dan kulit cenderung berminyak pada bagian T-zone (dahi, hidung, dan dagu). Kulit kombinasi juga biasanya memiliki kulit pipi normal cenderung kering.

Area T-zone pada tipe kulit kombinasi ini juga rawan timbul komedo, jerawat, dan noda, bahkan kulit tidak merata hingga terdapat bercak merah di muka. (kompas.com)

Baca juga: 6 Kebiasaan sederhana Yang Bisa Membuat Kulit Mulus