Catatan Dari Redaksi Kawanku, Persiapan Perubahan di 2017

By Astri Soeparyono, Rabu, 28 Desember 2016 | 05:16 WIB
Catatan Dari Redaksi Kawanku, Persiapan Perubahan di 2017 (Astri Soeparyono)

Seumur hidup manusia, ada satu hal yang pasti akan selalu kita hadapi, yaitu perubahan. Lima menit dari sekarang, bisa jadi kita menerima telepon yang penting sehingga harus pindah rumah. Sejam lagi hujan mungkin turun dengan deras sehingga kita harus membatalkan acara ketemuan sama teman-teman. Tiba-tiba ada kecelakaan di jalan menuju sekolah, jadi kita harus lewat jalan lain dan terlambat setengah jam. Anything can happen. Sehingga menjadi manusia yang benar-benar ‘hidup’ berarti kita harus siap menerima perubahan.

Dunia media adalah dunia yang mengalami perubahan besar dalam lima tahun belakangan. Sejak tahun 2011 situs lahir untuk menjawab kebutuhan informasi yang cepat dan efisien. Di tahun pertama kelahirannya bahkan meraih Bronze Award sebagai Best Magazine Website di acara Digital Media Asia 2011. Selama lima tahun berkiprah, berhasil menjadi website dengan traffic terbesar di antara sesama situs yang menyasar audience remaja putri. Bahkan di bulan November 2017, berdasarkan data Google Analytics ada 7,2 juta halaman yang dibaca pengunjung. Dan ada 2,6 juta pengunjung yang mengakses.

Sebuah penelitian terhadap 17.000 remaja Indonesia yang berusia 10-19 tahun yang dilakukan dari 2010-2016 oleh Nielsen membuktikan bahwa . Pada kelompok umur 15-19 tahun, 81 persen memilih membaca di internet. Perlahan namun pasti, era digital telah mengubah banyak hal, termasuk kebiasaan orang mencari informasi, terutama remaja, iya termasuk kamu. Situs serta media sosial menjadi tempat yang paling bisa diandalkan di masa informasi yang mementingkan kecepatan dan efisiensi.

Oleh karena itu, kaWanku edisi 26 (terbit 21 Desember 2016) adalah edisi terakhir kami sekaligus menjadi tonggak untuk merayakan kelahiran

Pada tanggal 1 Januari 2017, akan resmi menggantikan sekaligus menjadi nama semua aset social media kami. merupakan penyempurnaan dari . Website ini tidak hanya menyajikan berita, tapi juga menjadi wadah untuk menjalin persahabatan lebih erat dengan para pengunjungnya. Kami siap menjadi penampung inspirasi atau keluh kesah dalam bentuk tulisan, foto maupun video dari para member. Nama kami pilih karena kalimat sudah akrab di telinga kita. Ini sekaligus untuk membuktikan bahwa ‘cewek banget’ tidak cuma soal warna pink, fashion atau makeup. Tapi juga tentang menjadi cewek kuat, pintar dan berdaya.

Dalam hidup, perubahan itu kadang menyakitkan, kadang menyenangkan, dan kebanyakan waktu merupakan perpaduan keduanya. Tapi kami percaya, perubahan ini akan lebih banyak sisi yang menyenangkan. Karena buat kami ini lebih dari hubungan media dengan pembacanya. Ini adalah sebuah persahabatan. Dan kami berharap persahabatan ini akan terus terjalin. Selamanya.