Kreator Tahu Bulat Ternyata Enggak Jago Main Game, Lho!

By Debora Gracia, Jumat, 16 Desember 2016 | 06:30 WIB
Kreator Tahu Bulat Ternyata Enggak Jago Main Game, Lho! (Debora Gracia)

Girls, tahu, dong, game Tahu Bulat yang sempat ngehits beberapa waktu yang lalu? Atau malahan kita termasuk salah satu yang gemar memainkannya? Game Tahu Bulat memang satu di antara segelintir game kreasi anak negeri yang berhasil merajai pasar game di Indonesia. Sejak pertama kali dilempar ke pasaran, game ini sudah diunduh enam juta kali. Toh, sang kreator masih saja merendah.

“Sebenarnya angka ini masih kecil dibanding dengan jumlah pengakses internet di Indonesia yang mencapai 130 juta. Game Tahu Bulat baru diunduh sekitar lima persen pengguna internet saja,” ujar Eldwin Viriya, CEO Own Games sekaligus kreator game Tahu Bulat, di hadapan ratusan peserta seminar LINE CREATIVATE 2016 beberapa waktu lalu.

Meski menurutnya masih kecil, Eldwin  pantas mendapat predikat game developer lokal yang sukses. Apalagi, sebagai game developer, Eldwin memang punya talenta yang lengkap. Sejak kecil, alumni Program Studi Teknik Informatika Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, ini memang hobi menggambar. Dan, saat kuliah dia pun mulai belajar bikin program.

“Akhirnya komputer lebih sering dipakai untuk bikin program dibanding untuk menggambar, hehehe…,” ujar Eldwin, geli.

Game pertama yang berhasil dibuat oleh Eldwin adalah Tako Jump. Game ini dibuat setelah Eldwin lulus kuliah dan mendirikan Own Game, sebuah perusahaan game di Bandung.

“Kata teman-teman, bikin perusahaan game bisa mendatangkan uang. Makanya selepas lulus saya langsung bikin perusahaan game,” kata Eldwin, yang lantas menggandeng adiknya untuk mengelola perusahaan ini.

Semasa kuliah, teman-teman Eldwin memang banyak yang ketagihan main game. Yaaah…, namanya juga anak IT, kan?!

Tapi lucunya Eldwin bilang, “Saya sering diajak tanding main game Dota. Saya, sih, sering kalah. Jadi, walau saya bisa bikin game, tapi sebenarnya saya enggak jago main game! Hahaha….”

Nah, ketika dia berhasil membuat game, maka game yang dibikin pun bukan game yang susah dimainkan. Melainkan bikin game yang bikin orang senang memainkannya.

“Soalnya buat saya main game itu untuk menghibur diri. Hidup kan sudah susah. Masa main game juga harus bikin susah?!”

Jadi, girls, kalau ketemu Eldwin, jangan ditantang main game, ya? He-he-he.