2 Kebiasaan Belajar Ini Ternyata Bikin Kita Malah Jadi Malas & Sulit Paham. Wajib Dihindari!

By Aisha Ria Ginanti, Sabtu, 16 Desember 2017 | 15:00 WIB
Wajib dihindari! (Aisha Ria Ginanti)

Demi bisa mengerkalan ujian dengan lancar dan enggak dapat nilai jelek, kita sering kali memaksakan diri untuk belajar meski kondisi otak dan tubuh sudah enggak mendukung. Ternyata kebiasaan belajar yang seperti itu enggak baik, girls. Yang ada justru materi yang kita pelajari enggak akan masuk dan malah jadi percuma.

Nah, sebuah penelitian dari Harvard University pun mengungkapkan dua kebiasaan belajar yang justru membuat kita jadi malas dan bodoh. Yap, 2 kebiasaan belajar ini ternyata bikin kita malah jadi malas dan sulit paham. Wajib dihindari banget!

Menurut studi Harvard, lama belajar di rumah untuk kita adalah enggak lebih dari 30 menit setiap hari. Kemudian, waktu belajar pun mesti diusahakan sama setiap hari. Jadi, kalau kita belajar setiap jam tujuh malam, maka biasakan untuk selalu belajar pada waktu yang sama.

Cara tersebut menstimulasi otak untuk terbiasa dan terjaga selama waktu belajar. Selain itu, membaca info atau materi satu per satu akan lebih efektif ketimbang kalau kita langsung m langsung membaca banyak informasi atau materi dalam satu waktu.

(Baca juga: Menjejaki Perjalanan Panjang Siswa Sumba Barat Daya ke Sekolah)

Sesi belajar yang terlalu lama hingga tengah malam dan intens hanya akan membuat otak cepat lelah sehingga menciptakan rasa jenuh. Menurut penelitian itu, siswa yang dibiarkan selalu belajar setiap hari hingga sampai harus bergadang justru memiliki performa buruk di sekolah.

(Baca juga: 10 Ilustrasi yang Menggambarkan Kehidupan Kuliah yang Kadang Aneh dan Membingungkan)