5 Hal Seru di Acara Pameran MemaHAMi Indonesia dan Workshop Menulis Bersama KaWanku

By Ifnur Hikmah, Senin, 19 Desember 2016 | 09:12 WIB
Pameran MemaHAMi Indonesia (Ifnur Hikmah)

Akhir pekan jadi terasa seru ketika datang ke acara pameran MemaHAMi Indonesia yang diadakan di Galeri Cipta II Taman Ismail Marzuki, Sabtu 17 Desember 2016. Pameran yang diadakan oleh Pamflet Generasi ini akan mengajak kita untuk lebih paham soal isu-isu HAM yang terjadi di Indonesia, tapi lewat cara yang menarik dan pastinya enggak ngebosenin. Berikut 5 hal seru di acara pameran MemaHAMi Indonesia dan workshop menulis bersama KaWanku.

Kali ini, Pamflet generasi bekerjasama dengan KaWanku, Provoke dan Magdalene.co mengadakan workshop menulis dengan 20 pendaftar. Di workshop ini, kita dibagi ke dalam tiga kelompok dan masing-masing orang berhak memilih tema apa yang akan mereka pilih. Tentunya tema ini berkaitan dengan isu HAM, seperti yang menjadi tema besar acara ini. Pilihan tema tersebut seperti peer group, passion, pubertas, setara, pasangan posesif, tubuh, anak muda kreatif, tekanan orang tua, tekanan teman, dating violence, pacaran, depresi, solidaritas, harga diri, bullying, kehamilan remaja, pendidikan kesehatan reproduksi, dan banyak lagi.

Sebelum workshop dimulai, setiap peserta akan menonton film pendek berjudul Salah Kirim yang menyoroti soal isu bullying. Isu yang diangkat dalam film ini berangkat dari ide anak-anak SMAN 5 Depok yang sebelumnya menjadi salah satu sekolah yang didatangi tim Pamflet Generasi sebagai bagian dari acara ini.

Enggak hanya menonton film, lewat workshop ini, setiap peserta juga bisa berbagi ide, sesuai dengan topic yang dipilih. Lewat diskusi ini, setiap peserta bisa saling bertukar pikiran dan pengalaman. Kemudian, ide tersebut dituangkan ke dalam tulisan.