Ada alasan kenapa Rifal Jaelani menjadi salah satu pembicara di seminar LINE CREATIVATE 2016 lalu. Salah satunya, karena stiker karyanya, Kekinian selama tiga bulan berturut-turut nangkring di posisi pertama LINE Creator Market. Tentu ini menjadi prestasi yang luar biasa.
Di depan ratusan peserta seminar, Rifal yang kini hidup dari membuat stiker di LINE ini menjelaskan bagaimana proses membuat stiker.
Membuat produk harus jelas siapa yang disasar. Begitu juga ketika membuat stiker LINE. Tentukan dulu targetnya. Target bisa diambil dari usia, jenis kelamin atau wilayah. Menentukan target ini sangat penting karena berkaitan dengan tema dan jenis stiker yang akan dibuat.
Setelah target didapat, maka langkah berikutnya adalah membuat tema. Tema bisa didapat dari mana saja. Bisa yang sedang tren di masyarakat atau malah didapat dari sekitar kita.
Yang harus diperhatikan adalah bahwa tema tersebut harus sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya. Bila target remaja cewek usia 12 – 17 tahun maka temanya juga harus yang bisa masuk di usia tersebut.