13 Alasan Kamu Harus Jadi Creator di Cewekbanget.id

By Trinzi Mulamawitri, Senin, 9 Januari 2017 | 05:30 WIB
Spread the love, girls! (Trinzi Mulamawitri)

Ketika masa pembuatan dimulai, ada sebuah pertanyaan dari bos saya, “Yakin, nih, harus tentang website memberdayakan cewek? Bukankah sekarang cewek bisa jadi apa saja?” Pertanyaan senada terus bergulir, bahkan setelah cewekbanget.id sudah di ambang tayang. Astri, managing editor cewekbanget.id, pernah ‘dikeroyok’ pertanyaan ini. Saya ngomongnya ‘dikeroyok’ karena di saat itu dia lagi sendirian makan dan sekelompok lelaki datang ke mejanya, lantas pembicaraan lantas mengerucut menjadi, “Emang masih perlu women empowering content?”

Jujur, kita memang menyaksikan banyak kemajuan untuk cewek di Indonesia. Saat ini Indonesia memiliki sembilan menteri perempuan. Ini adalah (nomor dua diduduki Uni Emirat Arab (UEA) dengan delapan menteri perempuan, tapi di UEA berlaku peraturan yang mewajibkan perempuan mendapat izin dari suaminya untuk bekerja *insert emoji sedih*).

Ini adalah berita baik untuk para cewek. Tapiiii, sayangnya Ini berarti untuk beban kerja yang sama rata-rata pekerja cewek hanya digaji 87,6 persen dari rekan kerja cowok. Salah satu penyebabnya menurut Deputi Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia, Sulistri, ketika melamar pekerjaan, cewek pada umumnya tidak bernegosiasi sebaik cowok. Malah seringkali kebanyakan cewek menghindari bernegosiasi sama sekali dan menerima tawaran yang ditawarkan oleh calon bosnya, kata Sulistri. Kalau ditelusuri lebih lanjut ini karena kebanyakan cewek dididik sejak kecil untuk tidak bersikap agresif. Stereotip cewek lembut, nrimo dan kalem cenderung lebih disukai. Stereotip semacam ini yang sadar tidak disadari mulai terinternalisasi semakin kuat saat menginjak remaja.

Spread the love, girls!

Masa remaja merupakan salah satu masa paling krusial yang dihadapi manusia, terutama cewek. begitu pun orang lain terhadap kita. Ketika mulai dibombardir informasi dari berbagai penjuru tentang definisi kecantikan, di saat yang sama jerawat bermunculan, kulit berminyak, tubuh mulai menampakkan bentuknya. Bahkan saat belum beradaptasi dengan tubuh, perlahan orang-orang mulai mengatur cara berpakaian. “Supaya enggak menarik perhatian yang enggak diinginkan,” begitu mereka berbicara sehingga sebagai cewek, seolah kita tak berkuasa atas tubuh ini. Faktanya ketidakberdayaan perempuan terhadap tubuhnya adalah adalah salah satu yang membuat Coba tanyakan pada perempuan di sekitar kita, pernahkah mengalami kekerasan seksual?

 

Spread the love, girls!

Lain soal ketika menyangkut masa depan. Penentuan jurusan kuliah seringkali harus berkompromi dengan orangtua akan jurusan yang hendak diambil. Kadang muncul obrolan, “Enggak usah sekolah tinggi-tinggi. Nanti juga nikah.” Perlahan-lahan pernikahan dan menjadi ibu mulai ditekankan sebagai tujuan utama bahkan kodrat yang harus dilakukan oleh perempuan.

 

Spread the love, girls!

Kembali lagi ke pertanyaan, “Emang masih perlu women empowering content?”

Buat kami di , jawabannya adalah masih. Bukan karena kami marah atau dendam. Tapi karena kami passionate soal ini. Dan kami yakin banyak di antara kamu yang juga passionate dengan hal yang sama.

 

Spread the love, girls!

Kepada kamu yang passionate pada hal-hal di atas, jadilah bagian dari cewekbanget.id sebagai creator untuk memperbaiki keadaan untuk cewek.