3 Ketakutan Tak Beralasan yang Sering Kita Rasakan dan Tanpa Disadari Jadi Penyebab Lama Nge-jomblo

By Ifnur Hikmah, Rabu, 8 November 2017 | 13:15 WIB
3 Ketakutan Tak Beralasan yang Sering Kita Rasakan dan Tanpa Disadari Jadi Penyebab Lama Nge-jomblo (Ifnur Hikmah)

Mungkin kita sering bertanya-tanya, kenapa masih jomblo terus. Seringnya kita menyebut alasan gebetan enggak peka, gebetan enggak suka sama kita, atau enggak ada cowok yang pas sebagai alasan kita ngejomblo. Tapi, kita harus balik bertanya ke diri kita sendiri. Jangan-jangan, justru diri kita sendiri yang membuat kita masih ngejomblo sampai sekarang. Ada ketakutan di dalam diri kita yang enggak disadari. Ini 3 ketakutan tak beralasan yang sering kita rasakan dan tanpa disadari jadi penyebab lama ngejomblo.

Yup, perasaan takut ngejomblo ini tanpa disadari malah jadi pemicu kita terus menjomblo, lho. Jauh di dalam benak kita ada ketakutan kita enggak akan pernah ketemu cowok yang tepat dan bisa menjalin hubunngan pacaran yang romantis. Ternyata cowok bisa mengendus rasa takut ini, lho. Dan kalau dia sudah tahu, itu akan membuat mereka jadi malas untuk PDKT karena merasa kita enggak bisa sendiri. Mungkin saja tanpa disadari ketakutan ini malah mendorong cowok yang potensial buat kita jadi menjauh.

Ketika cewek dan cowok bertemu untuk pertama kalinya, mereka biasanya saling berbagi perasaan murni dan tulus dan menghargai satu sama lain. Makanya, di pertemuan pertama ini kita selalu menunjukkan sisi terbaik kita. Perlu dipahami kalau cowok akan bertindak terlalu jelas dalam mendekati cewek yang dia suka karena takut kehilangan cewek itu, dan itu kadang bikin kita ilfil. Di sisi lain, cewek yang merasa takut kehilangan cowok yang disukainya dan menunjukkan perasaan itu, misalnya dengan menunjukkan sikap cemburu, itu bisa bikin cowok ilfil juga, dan ujung-ujungnya batal PDKT deh.

(Baca juga: 12 Alasan Kenapa Kita Masih Jomblo Berdasarkan Bulan Kelahiran Kita)

Masa lalu masih membayangi kita ini. Bayangan atau pikiran kalau gebetan dan pacar baru kita akan menjadi seperti mantan yang menyakiti kita jadi alasan yang menghambat kita untuk berani memulai sebuah hubungan baru. Setiap kali melihat gebetan, kita jadi ingat pengalaman buruk bersama mantan. Lama-lama kita jadi enggak percaya sama dia. Ini bisa bikin gebetan kabur. Kalau enggak mau ini terjadi, kita harus bisa melepaskan diri dari bayangan buruk masa lalu dan melihat kalau gebetan dan mantan adalah dua pribadi yang berbeda.