Ragu Nyari Beasiswa Ke Luar Negeri Karena Enggak Jago Bahasa Inggris? Coba 3 Beasiswa Ini!

By Veronica Gabriella, Senin, 9 Januari 2017 | 09:12 WIB
beasiswa buat kita yang enggak jago inggris (Veronica Gabriella)

Kita punya impian bisa sekolah tinggi di luar negeri, tapi enggak bisa memenuhi batas skor IELTS/TOEFL-ya? Jangan langsung putus harapan. Tenang aja! Soalnya 3 beasiswa di bawah ini bisa kita apply tanpa harus jago Inggris. Langsung dicek yuk!

Kita yang hobi banget nonton drama korea tiap malem, nge-fans sama idol-idolnya, setia dengerin lagu-lagunya, kepikiran enggak untuk sekolah di Korea? Soalnya, KGSP atau Korea Government Scholarship Program dari Pemerintah Korea, membuka kesempatan bagi kita yang masih SMA atau sederajat untuk kuliah mengambil program Dimploma atau Sarjana di universitas pilihan kita di Korea. Kita juga enggak diharuskan bisa bahasa Inggris, karena kalau kita kepilih, kita bakal dikasih kursus bahasa Korea selama setahun di sana. Beasiswa ini membebaskan kita dari biaya pendidikan selama masa kuliah, dan kita juga dikasih uang jajan bulanan (sekitar 800 ribu won), tunjangan kedatangan, tunjangan pemulangan, asuransi kesehatan, biaya kursus bahasa Korea dan pastinya tiket pesawat Korea-Indonesia. Dan, bagian yang paling menariknya, kalau kita udah berhasil lolos dan setelah kursus bahasanya kita mencapai level 5 dalam berbahasa Korea, kita bakal dikasih tambahan uang jajan sebesar 100 ribu won perbulan! Kalau tertarik, kita bisa klik di sini.

Baca juga: Cari Beasiswa Kuliah di Korea

Kita mungkin banyak mengenal Turki dari drama dan serial televisinya, tapi tahu enggak kalau Turki ngebuka program beasiswa sarjana buat kita, mahasiswa-mahasiswa Indonesia lho. Enggak cuman program S1, tapi juga S2 dan S3-nya. Beasiswa ini dibuka oleh pemerintah Turki, syaratnya juga enggak ribet-ribet banget. Kita hanya perlu menyiapkan dokumen yang disyaratkan, punya nilai setidaknya 70% yang dihitung dari nilai ijazah, nilai ujian nasional, sampai ujian internasional. Soal bahasa, kita juga enggak perlu takut-, ada banyak universitas yang memberikan pilihan bahasa pengantar sesuai bahasa yang kita kuasai, antara lain Arab, Perancis, Turki, dan Inggris. Kita juga dikasih waktu 1 tahun buat belajar bahasa Turki secara gratis, selain diberi beragam tunjangan bulanan, kebebasan biaya kuliah, sampai asuransi-asuransi. Coba cek yuk di sini!

Kapan lagi bisa belajar gratis sambil nikmati hujan salju di Kremlin? Cuma lewat beasiswa dari federasi pemerintah Rusia ini jawabannya!  Beasiswa ini enggak mengharuskan kita punya skor TOEFL/IELTS tertentu, soalnya kita bakal belajar bahasa Rusia selama setahun sebelum memulai perkuliahan. Banyak mahasiswa Indonesia yang berburu beasiswa ini lho, tahun 2015 aja ada sekitar 119 mahasiswa yang berangkat untuk kuliah di berbagai kota di Rusia. Tapi ada yang perlu kita perhatikan, beasiswa ini hanya untuk membebaskan kita dari biaya pendidikan, buat biaya asrama, tiket pesawat dan biaya lain-lainnya di luar pendidikan, ditanggung sendiri. Buat lebih jelasnya, kita bisa cari tahu di sini.

Baca Juga: 5 Beasiswa Keringanan Biaya Untuk Jenjang S1 yang Bisa Kita Dapatkan Saat Kuliah

Hayooo, mulai sekarang jangan minder lagi ya kalau enggak jago Inggris, soalnya banyak pilihan beasiswa tanpa tes IELTS/TOEFL yang bisa kita coba! Bisa mulai siap-siap dari sekarang nih.