Kalau Enggak Suka Pakai Rok Atau Dress, Jangan Maksain Diri! Cewek Enggak Diukur dari Pakaiannya

By Debora Gracia, Senin, 10 April 2017 | 10:15 WIB
Kalau Enggak Suka Pakai Rok Atau Dress, Jangan Maksain Diri! Cewek Enggak Diukur dari Pakaiannya (Debora Gracia)

Apa yang ada di dalam pikiran kita ketika menonton acara seperti Golden Globe Awards? Pastinya dipenuhi oleh seleb cewek yang melenggang indah dengan gaunnya dan seleb cowok yang terlihat rapi dan tampan dengan kemejanya. Untuk acara yang tergolong resmi, cewek seolah dikasih aturan enggak tertulis bahwa ‘harus’ memakai rok atau dress. Alasannya? Agar terlihat cantik, rapi, dan elegan.

Identitas seorang cewek seperti hanya diukur dari apa yang dia pakai. Tapi coba kita lihat deh, tepat di Golden Globe Awards 2017 kemarin, seorang seleb bernama Evan Rachel Wood mengagetkan panggung Hollywood karena tampil elegan tanpa rok ataupun dress. Dia memakai setelan pantsuits, tetap bisa terlihat cantik dan elegan. Bukannya Evan Rachel enggak suka memakai dress – dia selalu memakai dress selama datang ke Golden Globe Awards – tapi dia percaya bahwa semua cewek bisa terlihat elegan terlepas dari apapun yang dia pakai.

“Aku suka kok pakai dress,” kata Evan-Rachel sambil tersenyum saat malam penghargaan Golden Globe Awards 2017. “Dan aku disini bukan untuk memprotes cewek yang suka memakai dress. Aku hanya ingin menyatakan kalau semua cewek bisa terlihat cantik meskipun enggak pakai rok atau dress. Pakailah baju sesuai dengan yang kamu mau tanpa harus takut dilabeli oleh orang lain.”

Kesetaraan gender dalam hal berpakaian saat ini jadi dapat perhatian, mengingat cewek sering diidentikan feminin dari segi berpakaiannya saja. Padahal sifat feminitas itu sendiri bisa dilihat dari berbagai aspek dan bukan hanya melulu tentang apa yang kita pakai.

Hal serupa juga dilakukan oleh Hillary Clinton, salah satu kandidat presiden Amerika Serikat tahun lalu, sering banget mengenakan pantsuits untuk tampilannya di depan umum.

Baca juga: Motif Floral Juga Bisa Dipakai Oleh Si Tomboy, Intip 10 Inspirasinya!