Ini yang Bisa Kita Lakukan Kalau Sedih & Marah Melihat Kondisi Kebun Binatang Bandung

By Muti Siahaan, Kamis, 19 Januari 2017 | 09:18 WIB
a Lakukan Kalau Sedih Melihat Kondisi Beruang Madu Di Kebun Binatang Bandung (Muti Siahaan)

Belum lama ini, sebuah video yang menggambarkan kondisi mengenaskan seekor beruang madu yang kelaparan di Kebun Binatang Bandung ramai beredar di medsos. Video ini enggak hanya viral di Indonesia tapi juga secara internasional. Video ini dirilis oleh Scorpion Wildlife Trade Monitoring Group, sebuah LSM yang bergerak untuk melindungi hewan liar dan melindungi kondisi hewan di kebun binatang.

Di video ini kita bisa beruang madu yang meminta makan pada pengunjung yang datang. Yang semakin bikin sedih adalah, kondisi beruang madu yang sangat kurus sampai tulang rusuknya bisa terlihat.

Dikutip dari The Jakarta Post, salah satu pengurus Yayasan Margasatwa Tamansari menyatakan bahwa beruang yang terlihat kurus ini bukan berarti enggak sehat. “Apakah kurus berarti enggak sehat atau enggk dapat makanan yang cukup? Di sisi lain, terlihat gemuk pun bukan berarti hewan itu sehat.”

Tapi apa pun alasannya, beruang madu yang ada di video itu terlihat memang kurus dan enggak sehat. Kondisi beruang madu ini menggambarkan betapa buruknya kondisi dan perlakukan yang diterima hewan yang ada di Kebun Binatang Bandung. Sedih banget, ya?

Sejak tahun lalu, Kebun Binatang Bandung sudah mendapat banyak kritikan akibat perlakukan mereka terhadap hewan yang ada di sana. Mei 2016 lalu, seekor gajah bernama Yani yang berusia 40 tahun juga mati. Yani sakit selama seminggu dan berbaring di atas jerami beratapkan terpal. Gajah ini mengalami kelumpuhan dan karena minimnya sarana perawatan hewan dan enggak ada dokter hewan tetap di kebun binatang itu, akhirnya mati.