Lakukan 10 Hal Ini Kalau Pengin Jadi Beauty Vlogger Seperti Abel Cantika

By Ifnur Hikmah, Sabtu, 21 Januari 2017 | 02:29 WIB
Abel Cantika (Ifnur Hikmah)

Pengin jadi beauty vlogger, girls? Menurut beauty influencer Abel Cantika, siapa saja bisa jadi beauty vlogger. Enggak harus cantik dan punya kamera bagus serta peralatan make-up yang mahal buat jadi beauty vlogger. Yang penting itu kita harus pede dan tahu apa yang ingin kita sampaikan lewat video tersebut. Sebagai bocoran, kita bisa melakukan 10 hal ini kalau pengin jadi beauty vlogger seperti Abel Cantika.

Pertama-tama, penting untuk tahu konten apa yang kita inginkan. Misalnya tutorial make-up atau review produk kecantikan. Kita bisa memilih salah satu atau menjalani keduanya, seperti Abel. “Kalau aku sukanya beauty secara general ketimbang tutorial aja atau review aja. Aku pernah bikin tutorial aja berminggu-minggu, tapi followers aku bosan, minta bikin review. Dengan berganti-ganti konten tapi masih dalam garis besar yang sama, itu biar bikin enggak bosan. Kadang video aku enggak cuma beauty, aku masukin vlog keseharian, mini drama, atau vlog challenge. Dengan begitu, followers kita enggak cuma cewek aja,” jelas Abel.

Ngomongin soal kamera, kita harus menentukan jenis kamera sesuai kebutuhan. Penting untuk tahu, kita butuh kamera itu buat bikin video yang stay di tempat atau buat dipakai jalan-jalan. Abel membeberkan, “Aku bikin video pakai kamera mirrorless Fuji. Sebenarnya itu bagusnya buat foto, tapi kalau video yang stay di tempat, itu udah cukup kok. Kalau untuk vlog yang jalan-jalan, aku pakai Canon G7x. Kalau mau merekam yang detail banget, misalnya butuh zoom ke bagian wajah tertentu biar detailnya kelihatan, aku pakai Canon EOS 60D.”

Background atau latar belakang video juga harus diperhatikan. Biasanya, sih, beauty vlogger menjadikan kamar sebagai background atau sengaja membeli background foto warna warni seperti yang sering kita lihat di studio foto. “Kalau aku bikin video review, biasanya pakai background polos, kalau tutorial itu background-nya kamar aku dengan lipstik aku di belakang. Bisa juga pakai bahan yang kelap-kelip gitu, namanya sequin. Aku pernah pakai background polos, tapi followers banyak yang enggak suka, katanya kurang seru. Kalau kamar, itu terlihat lebih natural dan bikin yang nontonberasa dekat dengan ktia,” beber Abel.

Ngomongin soal background, Abel juga menyiapkan satu spot khusus di kamarnya. Di sanalah Abel menata alat make-up miliknya. Dan, di sana juga Abel membuat video. Bagi Abel, penting untuk punya spot khusus ini. Yang lebih penting lagi, kita harus menjaga kerapiannya dan tahu bagian mana saja yang ingin ditampilin, jadi enggak terkesan berantakan.