3 Gaya Selfie Menentukan Kepribadian Kita. Ini Buktinya!

By Debora Gracia, Rabu, 22 November 2017 | 03:13 WIB
Kalau kamu, sukanya selfie yang seperti apa? (Debora Gracia)

Setiap dari kita pasti pernah dan suka sama selfie, beberapa media sosial juga bikin kita suka banget sama selfie-an. Contohnya selfie saat Instagram Stories, lengkap filter-filter yang menggemaskan. Tapi kita pernah sadar enggak girls, kalau gaya selfie kita bisa menentukan kepribadian kita, lho! Brigham Young University mengungkapkan hasil penelitian kalau gaya selfie yang berbeda itu karena kepribadian yang kita ingin tampilkan juga berbeda. Penelitian tersebut ditulis dalam Visual Communication Quarterly, yang meminta 46 partisipan, 71% adalah cewek, dan diminta untuk memilih gaya selfie yang sering dilakukan. Hasilnya ada tiga jenis gaya selfie: communicators, self-publicists, dan autobiographers.

(Baca juga: 7 Ilustrasi Tentang Karakter Cewek Introvert yang Suka Bikin Orang Salah Paham)

Gaya mirror selfie seperti ini menunjukkan kita berada pada tipe communicators. Artinya, kita pengin menunjukkan kepada orang lain, lewat media sosial, kalau kita sedang berada di tempat tertentu. Kita juga pengin membagi informasi tentang apa yang kita lakukan, misalkan kalau kita selfie di tempat-tempat lucu pas lagi nongkrong sama teman segeng. Kita dikenal sebagai orang yang ramah, senang bergaul, dan juga enggak jaim, serta dianggap sebagai teman yang asyik.

Gaya selfie seperti ini kayaknya paling umum dan banyak kita lakukan. Kalau kita suka bergaya seperti ini, artinya kita masuk ke dalam tipe self-publicists. Kita pengin menunjukkan image diri di media sosial dan juga tetap pengin berbagi informasi tentang apa yang kita lakukan. Hanya saja bedanya dengan tipe communicators, kita enggak pengin orang lain mengomentari apa yang kita lakukan. Kita juga tipe orang yang punya rasa percaya diri yang tinggi.

Kalau kita suka melihat postingan teman atau kita sendiri punya gaya selfie seperti ini artinya kita masuk ke dalam tipe autobiographers. Buat kita selfie itu bukan untuk narsis-narsisan doang, lebih kepada mengekspresikan diri dan menunjukkan hal-hal yang kita suka. Kita enggak malu dianggap aneh atau dikomentari sama orang lain, karena menurut kita media sosial itu bukan tempat untuk membuat image diri menjadi bagus. Quotes andalan kita: “Stay weird!”

(Baca juga: Jangan Stres Berkepanjangan. Ubah Jadi Energi Positif dengan 7 Cara Ini)