Hindari! 6 Kesalahan yang Sering Kita Lakukan Saat Mandi & Membuat Kulit Jadi Rusak

By Muti Siahaan, Minggu, 16 April 2017 | 22:57 WIB
6 Kesalahan yang Sering Kita Lakukan Saat Mandi Yang Membuat Kulit Jadi Rusak (Muti Siahaan)

Setiap hari kita mandi dan karena udah jadi satu rutinitas kadang kita melakukannya sekadarnya saja. Tanpa memikirkan kalau sebenarnya ada rutinitas mandi yang perlu kita perhatikan, agar kulit tetap cantik dan mulus.  Ada beberapa kebiasaan saat mandi yang bisa membuat kulit rusak,lho.

Baca juga: Hal Buruk yang Akan  Terjadi Pada Tubuh Kalau Enggak Mandi 2 Hari

Bulu-bulu yang tumbuh di ketiak dan kaki kadang bikin sebal. Jadi mau enggak mau kita babat habis dengan dicukur. Kebanyakan orang bercukur itu sebelum mandi. Sebenarnya ini enggak baik lho. Sebaiknya kita melakukan setelah mandi, karena bulu-bulu tubuh kita akan lebih melembut setelah terkena air dan kulit pun jadi lebih mulus setelah dicukur.

Setelah keramas kita akan mengeringkan rambut kita dengan handuk. Sering kita mengosok-gosok dengan keras rambut dan kulit kepala kita. Kebiasaan seperti ini enggak hanya bisa merusak rambut tapi juga merusak kulit kepala. Efek jangka panjangnya, rambut kita jadi rapuh dan mudah patah-patah.  Sebaiknya, setelah keramas bungkus dulu rambut kita beberapa saat hingga air menyerah di handuk. Setelah itu tepuk pelan-pelan handuk pada rambut kita.

Kalau di iklan-iklan sabun, sering dipertontonkan gimana orang mandi dengan busa yang melimpah. Kita juga merasa senang kalau busa sabun melimpah di seluruh tubuh.  Hati-hati dengan pengunaan sabun yang terlalu banyak. Karena pada dasarnya bahan dasar sabun itu membuat kulit kita kering,lho. Jadi gunakan secukupnya. Bisa juga kita memilih sabun yang mengandung pelembab alami, seperti sabun yang terbuat/mengandung cocoa butter dan shea.